Berita

Terdakwa Kasus Narkoba di PN Simalungun, Minta Dihukum Sama Dengan Rekannya

Pembacaan Pleidoi

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID–  Sidang terhadap terdakwa Aminsyah (34), berlanjut pada pembacaan pleidoi di Pengadilan Negeri Simalungun, Rabu ( 4/3/2020).

Warga Jalan Medan Simpang Kerang Gang Kamboja Kelurahan Sumber Jaya II Kecamatan Siantar Martoba ini berharap keringanan hukuman dan dituntut sesuai fakta.

Penasehat Hukum terdakwa, Pither Alex Sander Harefa SH, Handika Ariansyah SH dan Rut Amelia Gusar SH menyatakan tidak sependapat dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum mendakwa dengan pasal 114 (2) Undang – undang Nomor  35 tahun 2009 tentang Narkotika  Jo pasal 132 (1) Undang Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Sesuai dengan fakta persidangan, penasehat hukum dalam nota pembelaan meminta terdakwa dikenakan pasal 112 (2) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dijelaskan Piter Alex, terdakwa mengakui kepemilikan sabu yang diperoleh terdakwa dari Medan. Heri dan Edi memberikan uang untuk menjemput narkoba tersebut ke Medan. Sementara Heri dan Edi (berkas terpisah) dikenakan pasal 112 (2).

“Heri membantah kepemilikan sabu. Sementara Heri dan Edil yang memberikan uang ongkos untuk menjemput narkotika sebesar masing masing 500 ribu rupiah. Sehingga dakwaan primer untuk Aminsyah tidak tepat,” kata Piter.

Menurut Piter, tuntutan 14 tahun untuk Aminsyah , tidak tepat karena narkoba yang dibeli hasil rencana bersama-sama.

“Kami mohon hakim dituntut sama saja seperti terdakwa lain,” kata Piter.

Usai mendengar pembelaan dari penasehat hukum terdakwa Aminsyah, majelis hakim yang diketuai Rozianti SH didampingi oleh dua hakim anggota Mince SH dan Aries SH menunda persidangan hingga minggu  depan, dengan agenda tanggapan dari Jaksa Penuntut Umum.

Sebelumnya Jaksa Penuntut Umum Barry SH menyatakan bahwa terdakwa melanggar pasal pasal 114 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika  Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009.  Dengan ancaman pidana 14 tahun, denda 1 Miliar subsider 1 tahun penjara.(ros/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button