Berita

Tengkorak Manusia Ditemukan di Sumur Tua

RANTAUPRAPAT, FaseBerita.ID – Warga Tanjung Haloban, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, dihebohkan dengan penemuan tengkorak manusia yang dibungkus dalam karung ditemukan dari dalam sumur, Sabtu (28/9/2019).

Informasi dihimpun, tengkorak manusia tersebut pertama kali ditemukan oleh Averina boru Lingga selaku pemilik rumah, saat menyiram tanaman cabe di samping rumahnya yang dibantu oleh kedua rekannya yakni, Dody Hanter Aritonang dan Sanjya Sinurat.

Karena di daerah tersebut musim kemarau, Averina boru Lingga mengukur kedalaman air sumur yang ada di sekitar rumahnya dengan mengunakan kayu. Namun, Averina tekejut karena kayu yang digunakan untuk mengukur ke dalam air menyentuh sesuatu di dalam sumur tersebut.

Kemudian, Averina menyuruh rekannya untuk masuk ke dalam sumur untuk melihat benda apa yang ada di sumurnya, tapi kedua rekannya tidak berani. Penasaran, Averina segera mengambil besi pengait untuk mengambil benda tersebut, dan ternyata terlihat dari atas sumur hanya besi kaki mesin jahit.

Ketika menaikan besi kaki mesin jahit, terlihat ada goni plastik yang menyakut pada kaki mesin jahit tersebut, maka diambil goni tersebut. Setelah diangkat dan dibuka. Betapa tekejutnya mereka, karena di dalam goni tersebut terdapat tengkorak kepala manusia dan tulang belulang. Untuk menghindari fitnah dan hal hal negatif, Averina segera melaporkan penemuannya tersebut kepada aparat desa setempat.

Mendapat kabar tersebut, aparat desa langsung melaporkan penemuan warga itu ke pihak yang berwajib. Kepada awak media, Averina mengatakan bahwa rumah tersebut merupakan pembelian dari mertuanya R Sinurat dan belum dia tempati, karena selama ini masih dalam perbaikan. Dan dia juga menerangkan bahwa, tidak tahu siapa pemilik pertama rumah tersebut.

Informasi yang dihimpun di Tempat Kejadian Perkara (TKP), Ruston Tambunan warga setempat kepada wartawan mengatakan, pemilik rumah yang pertama bernama Solide Napitupulu.

“Tetapi sudah lama ia (Solide Napitupulu) pindah ke Kota Siantar. Rumah itu dibayar R Sinurat diperkirakan baru 2 tahun,” terang Ruston Tambunan.

Ditanya apakah ada hubungan dirinya dengan pemilik rumah, Ruston mengaku dirinya berbesan (berkeluarga) dengan Solide Napitupulu.

Dengan ditemukannya mesin jahit dari dalam sumur dan di bawahnya ditemukan karung plastik berisi kerangka manusia, Ruston menduga keras barang bukti itu korban pembunuhan.

Ditanya apa alasannya ia menduga seperti itu, Ruston mengatakan, anak kandung Solide Napitupulu yang bernama Manjen Simanjuntak telah lama hilang entah kemana rimbanya.

“Anaknya ini selalu bertengkar dengan mamaknya. Sudah 3 kali ia menikah dan selalu disuruh cerai oleh mamaknya,” papar Ruston.

Pada pernikahan yang ketiga kalinya, lanjut Ruston, Manje disuruh menceraikan kembali istrinya. Tetapi ia menolaknya.“Terjadi pertengkaran dan dipukullah mamaknya. Lalu Manje dilaporkan ke polisi dan masuk penjara,” beber Ruston.

Setelah beberapa waktu lebih kurang 1 tahunan, Manje bebas dari penjara. Lalu pulang kembali ke rumahnya, tetapi setelah itu tak pernah diketahui lagi keberadaannya selama 7 atau 8 tahun ini.

“Kami saja berusaha mencari keberadaannya dimana Manje berada, tetapi mamaknya tak pernah sibuk mencari,” pungkas Ruston.

Ruston berharap, polisi segera menyelidiki kasus ini dan dapat membongkar misteri kerangka manusia itu. Jika terbukti itu korban pembunuhan, Ruston berharap pelaku dihukum seberat-beratnya.

Kapolsek Bilah Hilir, Iptu Krisnad saat dihubungi membenarkan penemuan tengkorak mayat manusia tersebut. Dan saat ini, pihaknya masih mengambil keterangan sejumlah warga disana. “Benar, ditemukan tengkorak manusia di Desa Tanjung Haloban, Kecamatan Bilah Hilir. Saat ini kami masih mengambil keterangan warga. Dan akan membawa tengkorak tersebut untuk dilakukan otopsi,” tandasnya. (bud/int/rah)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button