Berita

Tenda Peluncuran Pilkada Labusel 2020 Ambruk

Dihantam Angin Kencang

LABUSEL, Fase Berita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu Selatan resmi membuka kegiatan peluncuran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 yang digelar di Lapangan SBBK Kotapinang, Sabtu (30/11).

Warga tampak antusias meyaksikan peluncuran Pilkada Labusel tahun 2020. Masyarakat umum, Ormas dan OKP se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan turut memadati lapangan. Namun di saat acara berlangsung, hujan deras turun disertai dengan angin kencang.

Angin kencang menghantam lokasi kegiatan yang mengakibatkan tenda utama yang sudah disiapkan panitia di lapangan tersebut runtuh dan tenda lainnya pun rusak. Akibatnya, panitia dan seluruh tamu undangan yang hadir berhamburan menyelamatkan diri ke Gedung Pendopo SBBK Kotapinang.

Diketahui insiden itu sempat menimpa beberapa orang, termasuk para panitia dan Bupati Labuhanbatu Selatan H Wildan Aswan Tanjung SH MM, dan beberapa staf ahlinya. Meski sempat terhenti beberapa saat, namun Bupati Labuhanbatu Selatan itu dengan sigap berinisiatif memindahkan acara tersebut ke dalam Gedung Aula SBBK, seingga acara itu tetap tersaksana sebagaimana mestinya. “Ini bukanlah suatu yang bencana, melainkan rahmat Allah Yang Maha Kuasa,” katanya.

Pasca runtuhnya panggung itu, sempat pula terjadi momen-momen mengharukan ketika Ketua KPUD Labusel Efendi Pasaribu memberikan sambutan. Ia didampingi semua Komisioner tidak kuasa menahan rasa haru atas insiden tersebut. Efendi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir pada acara itu.

Menurutnya, meskipun terjadi insiden, antusias undangan membuatnya haru dan tidak kuasa menahan air mata.
“Para Tim Ketua KPU RI sudah berada di Labusel beberapa hari lalu untuk persiapan acara ini. Namun ada halangan yang mengharuskan ketua berangkat ke luar negeri,” jelas Efendi.

Disebutkan, kegiatan yang direncanakan oleh timnya sempat memberikan kesan eforia, sehingga musibah tersebut terjadi. Menurutnya, peristiwa ini mengingatkan ia dan rekan-rekannya untuk tetap saling mengingatkan.
“Rubuhnya tenda tersebut adalah rencana Tuhan. Namun tak terlepas juga dari evoria kami dalam melaksanakan acara yang luar biasa ini. Hal itu menguatkan KPUD Labusel untuk melaksanakan tahapan demi tahapan untuk menyambut Pilkada serentak yang diikuti 23 Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara,” bebernya.

Terkait informasi adanya masarakat yang masih trauma akibat insiden tersebut, Efendi mengatakan, sebagai adat orang Labusel, ia melakukan suyup-suyup kepada masarakat langsung di tempat itu.
“Sada, dua, tolu, opat, lima, onom, pitu. Pitu sundut suada mara, pitu sundut suada mara, sai horas ma tondima dingin, rabu sehat mahita sasudena,” ucapnya memakai bahasa daerah.

Ridho Akmal Nasution SH MM mewakili Bawaslu Labusel, menyampaikan apresiasi mendalam, ia meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas dan pihaknya akan terus melakukan pengawasan sebagaimana mestinya.

Pada kegiatan tersebut, Ketua DPRD Labusel Eddy menyampaikan, ia mewakili anggota DPRD mengapresiasi kegiatan tersebut, walau ada cobaan kecil tapi tetap meriah.
“Saya berharap kepada masyarakat supaya tenang dan nyaman, dalam menghadapi Pilkada Bupati dan Wakil Bupatu Labusel yang akan digelar nanti,” tandasnya.

Bupati Labusel, Wildan Aswan Tanjung mengatakan, kegiatan yang digelar sudah merupakan rencana terbaik yang disiapkan KPUD Labusel. Namun kata dia, sebaik-baiknya rencana, rencana Tuhan lah yang lebih baik.
“Rencana kegiatan ini sudah disiapkan sebaik-baiknya, namun rencana Tuhan lah yang lebih baik,” katanya.
Ia juga mengatakan, selama ini baru kali ini ia melihat bahwa Gedung SBBK dipenuhi oleh hampir semua Ormas dan OKP yang ada di Labusel.

“Baru kali ini acara meriah seperti ini, hampir semua organisasi masarakat dan kepemudaan hadir. Ini pertanda bahwa masarakat antusias menyambut Pilkada yang akan digelar,” tuturnya.
Pada kesempatan itu, Wildan tidak lupa menyampaikan bahwa Labusel sudah selangkah lebih maju dari kabupaten lainnya.

Ini sebut dia, terbukti bahwa selama berdirinya Kabupaten Labuhanbatu Selatan beberapa kali dilaksanakan kontestasi Pileg dan Pilpres, namun tidak pernah mengalami pemilihan dua kali di TPS manapun se-Kabupaten Labusel.
“Hal ini adalah bukti bahwa masarakat Labusel terus belajar untuk menyongsong Labusel yang lebih baik,” timpalnya.

Ia juga berharap kepada penyelenggara agar memberikan edukasi kepada masarakat yang ingin ikut serta pada Pilkada nantinya, baik dari jalur partai politik maupun perseorangan. Dalam kesempatan itu, Wildan juga menginformasikan, Pemkab Labusel sudah menerima sertifikat dari Kementerian terkait untuk dipergunakan sebagai Perkantoran KPU di Labusel. Nomor setifikat hak milik atas nama Pemkab Labusel itu tambahnya, bernomor 02121106400012 seluas 3.696 meter persegi untuk Kantor KPUD Labusel.

Menanggapi penyediaan lahan perkantoran KPUD Labusel oleh Pemkab Labusel, Ketua KPUD Sumatera Utara melalui Kepala Divisi Teknis Batara Manurung menyampaikan terima kasih dan apresiasi.

Ia mengatakan, bahwa dari 23 Kabupaten/Kota yang akan menggelar Pilkada serentak, seremoni yang dilaksanakan ini adalah yang luar biasa. Peluncuran Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Labusel ditandai dengan pelepasan bakal calon oleh unsur Muspida.

Pelepasan balon itu sekaligus menjadi komitmen untuk pelaksanaan Pilkada Damai Menuju Kabupaten Labuhanbatu Selatan Selangkah lebih Maju. (int)

 

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close