Berita

Tenaga Perawat Indonesia Diminati Luar Negeri

FaseBerita.ID – Sejumlah negara membutuhkan tenaga perawat dari Indonesia. Karena itu, kementerian kesehatan bekerja sama dengan beberapa negara terkait pengiriman tenaga perawat.

Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan atau BPPSDM Usman Sumantri mengatakan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan beberapa negara. Diantaranya Qatar, Kuwait, dan Saudi Arabia. ”Akan segera ada MOU dengan Belanda,” katanya.

Menurut Usman permintaan tenaga perawat untuk ke luar negeri cukup banyak. Namun sulit untuk dipenuhi. Dia mencontohkan dari Qatar terdapat 1.000 permintaan. Namun baru terpenuhi 100 tenaga perawat.

”Saudi Arabia minta 2.500 perawat. Kuwait minta 1.000 perawat,” ujarnya. Sedangkan untuk Belanda belum memastikan berapa angka yang diminta.

Kemenkes juga telah melakukan kerja sama dengan Jepang. Sampai 2018 masih ada tenaga perawat sebanyak 653 orang sebagai kandidat perawat Jepang selama tiga tahun melalui kerangka Indonesia – Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA).

Dalam masa kontrak tersebut, kandidat perawat diberi kesempatan untuk mengikuti Ujian Nasional Perawat Jepang (Kangoshi) sebanyak tiga kali.



Pascasarjana

Unefa
1 2Laman berikutnya
Back to top button