Berita

Taspen Bayar THR Pensiunan Mulai 15 Mei

SIANTAR, FaseBerita.ID– Kabar gembira bagi para penerima pensiun menjelang Lebaran, terlebih di saat kondisi pandemi Covid-19. PT Taspen (Persero) Cabang Pematangsiantar akan membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada penerima pensiun mulai, Jumat (15/5/2020).

Branch Manager PT Taspen Cabang Pematangsiantar Deddy Helmia Gunawan didampingi Manager Umum dan SDM Harry Saputra, menyampaikan bahwa pembayaran pensiun Tunjangan Hari Raya (THR) itu merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan nomor 49/PMK.05/2020.

Mendasari peraturan di atas dijelaskan juga bahwa dasar pembayaran pensiun THR adalah gaji pensiun bulan Maret 2020, sehingga bagi penerima pensiun yang jatuh tempo pensiun setelah bulan Maret 2020 maka pembayaran THR dilakukan oleh instansi aktif saat menjadi PNS.

Ketentuan besaran pensiun THR terdiri dari pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan tambahan penghasilan, tanpa tunjangan beras dan hanya dikenakan potongan pajak, sehingga tidak diperbolehkan ada potongan angsuran kredit / utang kepada pihak ketiga.

Bagi penerima pensiun atau penerima tunjangan yang menerima lebih dari satu penghasilan yang sama-sama bersumber dari APBN, hanya diberikan salah satu yang lebih menguntungkan.

Bila penerima pensiun atau penerima tunjangan juga sekaligus sebagai penerima pensiun/tunjangan janda/duda, maka diberikan THR sebagai penerima pensiun sendiri dan THR sebagai penerima pensiun/tunjangan janda/duda. Bagi Penerima pensiun terusan juga berhak pensiun THR.

Harry menekankan kepada kantor bayar dan penerima pensiun agar menghindari antrean atau penumpukan, dengan cara langsung mengambil uang Pensiun THR di ATM bagi yang sudah memiliki kartu ATM/smartcard. Sedangkan bagi yang mengambil tunai di juru bayar agar tetap memperhatikan protokol pelayanan pencegahan penyebaran Covid-19.

Serahkan APD ke RSU Wilayah Kerja

Sebelumnya PT Taspen Cabang Pematangsiantar turut berpartisipasi mencegah penyebaran Covid-19 dengan memberikan Alat Pelindung Diri (APD) ke sejumlah RSUD di wilayah kerja.

“Bantuan kita salurkan ke delapan dari 18 wilayah kerja,” sebut Branch Manager Deddy Helmia Gunawan, Rabu (13/5), di Balai Kota Pematangsiantar, usai menyerahkannya APD kepada tim GTP2 Covid-19 Pematangsiantar.

Bantuan diterima Walikota Hefriansyah yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Pematangsiantar didampingi Wakil Ketua Herrus Batubara dan Kalak BPBD Midian Sianturi.

Dikatakan, belum semua wilayah tugas menerima bantuan, karena keterbatasan barang yang hendak disalurkan melalui program BUMN Hadir untuk Negeri.  Sedangkan ke-8 RSUD penerima bantuan itu, masing-masing berada di Pematangsiantar, Simalungun, Samosir, Dairi, Tapanuli Utara, Sibolga, Padangsidimpuan dan Labuhanbatu.

Total bantuan APD berupa 450 baju hazmat dan 2.250 masker, 45 baju hazmat dan 550 masker di antaranya untuk Pematangsiantar.

Harapannya, bantuan bermanfaat bagi tenaga medis dan masyarakat dalam mencegah penyebaran virus Korona.  Begitu juga pandemi Covid-19 yang telah memberikan dampak luas pada kehidupan dan perekonomian masyarakat, dapat segera berakhir.

Pada kesempatan itu Walikota Hefriansyah menyampaikan terimakasih dan masih berharap partisipasi berbagai pihak membantu pencegahan dan penanganan virus Korona.(rel/hez/ant/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button