Berita

Target Rp150 Miliar KUR Tersalur untuk Petani Tapteng

FaseBerita.ID – Untuk mendorong keberhasilan usaha para petani, Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani menargetkan Rp150 miliar dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dapat tersalur untuk petani.

Hal itu disampaikan Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani setelah menerima kunjungan pimpinan BNI KC Sibolga Chandra Nazmul yang diampingi Pimpinan Resiko Bisnis Judil Hutagaol serta Pemimpin BNI Kantor Kas Pandan Abdi Pane di Ruang Garuda Kantor Bupati Tapteng, Senin (24/2) lalu.

Dalam pertemuan itu dijelaskan, Bakhtiar dan pimpinan BNI KC Sibolga membahas penyediaan dana untuk usaha pertanian dan usaha yang lainnya yang ditangani oleh masyarakat melalui KUR, khususnya KUR Tani.

“Kita harapkan petani Kabupaten Tapanuli Tengah dapat berhasil usahanya melalui KUR Tani. Target kita, ada sekitar Rp150 miliar dana yang akan disalurkan kepada kelompok-kelompok tani. Kita buatkan kerjasama dengan kelompok tani yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah agar dapat membuka dan mengolah lahan pertaniannya hingga produktif dan menguntungkan,” kata Bakhtiar.

Selain untuk mendorong berhasil usaha tani warga di Tapteng, Bakhtiar juga berharap melalui KUR tani itu akan dapat menciptakan lapangan pekerjaan di tengah-tengah masyarakat.

“Melalui KUR Tani ini kita harapkan dapat meningkat produktifitas pertanian sekaligus sebagai upaya mensejahterakan petani dan membuka lapangan kerja di sektor pertanian,” ucapnya.

Dia menuturkan, para petani tidak harus berfokus pada satu komoditas pertanian saja, namun bisa juga memanfaatkan peluang untuk mengelola komoditas lainnya yang dapat diusahakan untuk mendapat keuntungan.

“Kita kembangkan pertanian, petani dapat fokus pada pertanian bukan hanya tanaman padi saja, bisa jagung, bawang dan cabai, umbi-umbian, ternak ayam dan lainnya,” bebernya.

Untuk itu, lanjut Bakhtiar, bahwa tindak lanjutnya nanti adalah membuat Nota Kesepahaman (MoU), kemudian berapa dana yang akan dikucurkan per masing-masing kelompok tani, bagaimana syarat-syaratnya, bagaimana sosialisasinya, maupun tindak lanjutnya dengan petugas lapangan.

“Intinya para petani di Tapanuli Tengah dapat menggunakan dana usaha rakyat mendukung apa saja di sektor pertanian untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani di Kabupaten Tapanuli Tengah,” imbuhnya.

Sementara, pemimpin BNI KC Sibolga Chandra Nazmul mengatakan, pada prinsipnya pihak BNI siap untuk mendukung apa-apa saja yang menjadi program-program pemerintah Kabupaten Tapteng dan pihak BNI KC Sibolga siap mendukung baik itu dana maupun pinjaman.

“Pinjaman ini merupakan salah satu program pemerintah. Kami sampaikan kepada bapak bupati bahwa kita siap untuk mensejahterakan para petani dan para peternak yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah,” kata Chandra.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Wakil Bupati Darwin Sitompul, Sekretaris Daerah Hendri Susanto Lumbantobing, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesmas Freddy L Situmeang, Asisten Administrasi dan Umum Herman Suwito, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tapteng, yaitu Kepala BPKPAD, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta Kepala Bagian Pemerintahan. (dh/sr)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker