Berita

Tanpa Anggaran, Tahapan Pilkada Simalungun Dimulai

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Meski belum ada kesepakatan jumlah anggaran dengan Pemkab Simalungun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah memulai tahapan Pilkada 2020, Sabtu (26/10/2019). Tahapan tersebut yakni, rapat pleno penetapan persyaratan untuk bakal calon Bupati Simalungun dari jaur perseorangan atau non partai politik.

Ketua KPU Simalungun Raja Ahab Damanik, Rabu (23/10/2019) mengatakan, tahapan Pilkada tetap harus dilaksanakan walaupun anggaran yang bersumber dari APBD Simalungun belum jelas.

“Sampai saat ini, belum ada kesepakatan antaran KPU Simalungun dengan Pemkab Simalungun. Padahal kita sudah melakukan pertemuan di Jakarta bersama Kemendagri. Terakhir, kami juga sudah mengirimkan surat ke Pemkab Simalungun, tapi belum ada respon,” ujarnya.

Anggaran Pilkada, sambungnya, memang belum ada kesepakatan. Sebab kesanggupan Pemkab Simalungun hanya Rp40 miliar. Padahal kebutuhan KPU mencapai Rp51 miliar.

Terkait hal ini, Raja Ahab Damanik mengaku sudah menyampaikan permasalahan ini ke KPU Provinsi Sumatera Utara.

“Walaupun belum ada anggarannya, tapi tahapan Pilkada tetap harus dilaksanakan. Kebetulan tahapan pada tanggal 26 Oktober ini tidak membutuhkan dana besar,” tukasnya.

Masih kata Raja Ahab Damanik, dalam pelaksanaan Pilkada 2020 ini diharapkan KPU Simalungun dapat bekerja dengan nyaman untuk bisa melaksanakan seluruh tahapan yang telah ditetapkan.

Raja Ahab pun berharap Pemkab Simalungun dapat segera merespon surat dari KPU dan menyetujui usulan aggaran yang diajukan KPU. (pra)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button