Berita

Tanggapi Bencana Secara Cepat, Akurat dan Tepat

TAPSEL, FaseBerita.ID – Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Parulian Nasution berharap seluruh TCR (Tim Reaksi Cepat) Penanggulangan Bencana Daerah (PBD), untuk mengatasi bencana secara cepat, akurat dan tepat.

Hal itu disampaikannya pada saat membuka pembentukan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Daerah Tahun 2019 di aula Sarasi II Lantai III Kantor Bupati Tapsel, Sipirok, Senin (29/4).

Sekda Tapsel Parulian Nasution mengatakan, atas nama Pemkab Tapsel mengucapkan terima kasih kepada BPBD Tapsel yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana Daerah dalam mengatasi dan menanggulangi akan terjadinya bencana.

Dalam mengatasi dan menanggulangi bencana perlu kiranya peran aktif seluruh stakeholder untuk menjaga keseimbangan alam dan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan.

Sebab, gambaran bencana kedepan cenderung berpotensi meningkat sebagai akibat beberapa faktor. Seperti meningkatnya jumlah penduduk, penurunan kondisi lingkungan dan perubahan iklim global.

Oleh karena itu, untuk menghindari potensi kedepan, tentu perlu gerakan aksi bersama dalam meningkatkan kapasitas. Baik itu pemerintah, organisasi dan masyarakat untuk menanggapi situasi bencana secara cepat, akurat dan tepat.

“Dengan dilaksanakannya pembentukan dan pembekalan Tim Reaksi Cepat (TRC) terhadap penanganan bencana, saya harap ketika terjun kelapangan seluruh anggota dapat menyelesaikan masalah itu dengan baik,” harap Parulian.

Sebelumnya, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Tapsel, Hotmatua Rambe menjelaskan, adapun tujuan kegiatan tersebut adalah, dalam rangka penanganan darurat (emergency respons), diperlukan lintas perangkat daerah Kabupaten Tapsel yang bertugas untuk melaksanakan kaji cepat (speed assessment), kaji kebutuhan (needs assessment) dan dampak bencana serta terlaksananya program kegiatan pembentukan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana di Kabupaten Tapsel TA. 2019.

”Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 29 sampai 30 April 2019 dengan jumlah peserta 50 orang terdiri dari 41 pegawai BPBD Tapsel, dan 9 OPD terkait dengan 2 orang narasumber dari BPBD Provinsi Sumut yaitu Kabid Penanganan Darurat Peralatan dan Logistik Mega Hadi Kristianto dan Penyusun Rencana Kebutuhan Peralatan Penanggulangan Bencana Sofian,” terangnya.

Turut hadir para pimpinan OPD, Kalaksa BPBD Tapsel Ilham Suhardi, Camat se-Tapsel, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar dan para peserta. (ran)

iklan usi



Back to top button