Berita

Tamu dari Luar Negeri pun Datang Belajar Eukaliptus

FaseBerita.ID – PT Toba Pulp Lestari (TPL), siap bersikap lebih friendly kepada masyarakat. Ribuan tamu silih berganti diterima berkunjung ke lokasi pabrik. Selaku tuan rumah, perusahaan yang memproduksi bubur kertas (pulp) ini memperkenalkan eukaliptus sebagai tanaman utama sumber kertas, yang bisa dipanen dalam usia 5 tahun. Tak hanya lokal, tamu dari luar negeri pun datang mempelajarinya.

“Saat ini PT TPL terbuka dengan semua pihak yang memerlukan informasi, sekaitan kinerja perusahaan. Ribuan tamu dari berbagaia datang ke lokasi pabrik. Siswa SMA pun kita terima. Bahkan kita banyak menerima tamu dari eksternal yang ingin melihat bagaimana soal penanaman pohon eukaliptus yang kami lakukan. Seperti dari mahasiswa dari luar negeri, Ceko. Mereka datang untuk melihat bagaimana pohon eukaliptus sudah siap ditebang pada usia 5 tahun si areal HTI kita,” kata Manager Corporate Communication (Corcom) PT TPL, Norma Hutajulu, saat berkunjung ke kantor redaksi Sumut Pos, gedung Graha Pena Jalan SM Raja, Medan, Jumat (29/3). Norma didampingi staf Corcom, Dedy Armaya, Juliandri Hutabarat, dan Natalia Pangaribuan.

Menurut Norma, bersikap friendly menjadi roadmap kerja PT TPL tahun 2019. “Perusahaan siap lebih terbuka untuk diskusi dengan semua pihak. Kini tagline nya TPL itu friendly dengan lingkungan, masyarakat dan pemerintah,” kata Norma.

Sikap friendly itu juga untuk mengubah stigma yang berkembang di masyarakat, bahwa pemilik konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) seluas 185.016 hektar di Sumut itu telah melakukan pembalakan hutan di kawasan Tapanuli.

“Padahal, kita hanya panen kayu di lokasi HTI dan Perkebunan Kayu Rakyat (PKR). Dari 185.016 hektare areal konsesi yang ijinnya diberikan oleh Pemerintah melalui SK Menteri Kehutanan no 179 tahun 2017 (Nomor SK.179/Menlhk/Setjen/HPL.0/4/2017, TPL saat ini hanya menggunakan sekira 40 persen saja. Atau sekitar 0,03 persen dari seluruh lahan hutan di Sumatera Utara,” kata Juliandri Hutabarat menambahkan.



Pascasarjana

Unefa
1 2 3Laman berikutnya
Back to top button