Berita

Tak Bisa Keluar Rumah Sakit Karena Biaya

FaseBerita.ID – Rosti Arti (64), pedagang sayur yang tinggal di Labuhan Ruku, Lingkungan V Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara divonis dokter terkena sakit kronis kanker kelenjar getah bening di lehernya.

Keluarganya sempat menyerah karena tidak dapat membayar biaya perobatan RSUD Haji Abdul Manan Simatupang, Kisaran. Keputusan dokter untuk merujuk Rosti ke Rumah Sakit Adam Malik Medan membuat keluarga semakin panik dan kebinggungan. Pasalnya, Rosti belum terdaftar sebagai peserta BPJS.

Tak henti ucapan syukur dan terimakasih disampaikan oleh Faisal (30), anak Rosti saat ada uluran tangan dari relawan Komunitas Jumat Berbagi (KOJAB), Sabtu (16/11/2019). Bernafas lega, ada harapan baru untuk membawa ibunya itu sembuh dengan berobat ke Rumah Sakit Adam Malik Medan.

“Mamak sebenarnya mau dirujuk ke Medan. Tapi jangankan dibawa berobat ke Medan. Keluar dari rumah sakit ini saja saya bingung, karena kami tak punya BPJS,” kata Faisal mengisahkan nasib pilu yang tanggungnya itu.

Beberapa saat lalu memang dokter menyarankan Rosti untuk dirujuk ke rumah sakit di Medan. Namun pihak keluarga terpaksa masih menahan orang tua mereka di RSUD HAMS Kisaran, sebab mereka belum punya uang menanggung biaya perawatan Rosti.

“Saya kerja serabutan pak. Gak tetap. Kadang dapat uang, kadang tidak. Kalau mamak ini biasa jualan sayur,” ujarnya lagi.

Kisah Faisal dan Ibunya ini kemudian terdengar oleh organisasi penggalangan sedekah di Asahan, bernama Tim KOJAB. Beberapa relawan kemudian menemui Faisal dan melihat langsung kondisi ibunya itu. “Tanpa menunggu lama, akhirnya TIM KOJAB telah menyelesaikan segala biaya administrasi dan membelikan obat,  beserta mengantarnya hingga kembali kerumah mereka,” kata Hermansyah Marpaung salah seorang Relawan KOJAB.

Tidak hanya itu, KOJAB juga mengupayakan advokasi kepada salah seorang pejabat di lingkungan Pemkab Batubara untuk mempermudah dan membantu pengurusan BPJS Kesehatan yang ditanggung oleh pemerintah.

“Insya Allah, Senin ini sudah  dibantu pejabat tersebut untuk pengurusan BPJS Kesehatan,” tambah Herman. (per/rah)

Tags

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close