Berita

Tak Ada TPS, Sampah Berserakan di Jalanan Kota Sibolga

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) yang berada di jalan Lumba-lumba, Kelurahan Pancuran Gerobak, Kecamatan Sibolga Kota selalu menjadi perbincangan warga. Pasalnya, setiap hari, sampah di TPS tersebut berserakan, sehingga menimbulkan kesan jorok dan kumuh. Tak hanya warga sekitar, pengguna jalan yang melintaspun tidak nyaman dengan aroma busuk dari tumpukan sampah tersebut.

Pantauan di lokasi, tidak ditemukan bak sampah, baik yang permanen maupun bak sampah sistem angkut. Namun menurut warga, lokasi tersebut sudah lama jadi tempat pembuangan sampah.

“Sudah lama, kesininya semua orang buang sampah. Memang gak pernah ada bak sampah di sini,” kata seorang wanita yang ditemui di sekitar TPS, Minggu (13/10/2019).

Wanita ini menyayangkan tidak adanya perhatian Pemerintah untuk menempatkan bak sampah di lokasi tersebut.

“Gak tahu kenapa gak dibuat bak sampah di sini. Kalau begini kan jorok kali kelihatan. Berserak semua sampah itu,” ungkapnya.

Senada juga dikatakan seorang pria yang mengaku bermarga Pasaribu ditemui di sekitar TPS saat memarkirkan mobilnya. Dia mengaku sering kewalahan saat mau parkir, karena sampah yang berserakan.

“Kadang kita bingung mau parkir di mana? Adapun yang kosong, sampah banyak. Kalau sudah gak ada tempat, biasanya maulah kugilas aja sampah ini, kuparkir aja di atas sampah yang berserak ini,” ketusnya.

Meski tak mampu menyediakan bak sampah, pria ini berharap petugas kebersihan rutin dan lebih awal mengangkut sampah dari TPS tersebut. Karena menurutnya, sampah yang sudah berhari dapat menimbulkan bau tak sedap bagi warga sekitar. Tak hanya itu, sampah tersebut juga dapat mendatangkan penyakit.

“Kalau kami pendatang, habis parkir mau belanja ke pasar, langsung pergi. Gak begitu berpengaruh sama kami. Gimana dengan warga di sini. Kalau begini, lama-lama kali tukang sampah mengangkut sampah ini, bisa-bisa kena penyakit warga yang tinggal di sini. Kalau gak sanggup ngasih bak sampah, pinomat petugas angkutnya dipercepat. Jangan sempat berserakan begini. Ini, gak tahu ya, sudah berapa hari gak diangkut, sampai berserakan begini,” ketusnya. (ts/osi)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close