Berita

Tahun Ini Pemkab Simalungun Tak Terima CPNS

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Meski masih kekurangan tenaga guru sekitar 2.500 guru, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun tahun ini tidak membuka penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Padahal, dampak dari kekurangan guru, posisi (pemerataan) guru menjadi kacau-balau. Hingga akhirnya murid tidak dapat menerima pelajaran secara komprehensif.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Simalungun Elfiani Sitepu melalui Sekretaris Pendidikan Parsaulian Sinaga, Rabu (9/10/2019) di ruang kerjanya mengakui saat ini Kabupaten Simalungun kekurangan 2.500 tenaga guru.

“Di Simalungun ada 766 SD negeri dan 56 SD swasta. Sedangkan SMP negeri ada 62 dan SMP swasta 91 sekolah,” terangnya.

Terkait penerimaan CPNS tahun 2019 ini, khususnya untuk tenaga guru, Parsaulian mengaku belum mendapat informasi.

“Informasi yang saya dengar tentang penerimaan CPNS tahun 2019, belum ada. Tapi cobalah tanyakan ke BKD Simalungun,” sarannya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Simalungun, melalui  Kepala Seksi (Kasi) Informasi dan Pengangkatan Pegawai, Eko Gultom di ruang kerjanya, kemarin menegaskan tahun ini Pemkab Simalungun tidak menerima CPNS.

“Penerimaan CPNS ada di (pemerintah) pusat. Kalau kita di Kabupaten Simalungun, tahun 2019 ini tidak menerima CPNS. Sebab Kabupaten Simalungun baru membuka penerimaan seleksi CPNS tahun 2018 lalu. Jadi memang tidak menerima,” tukasnya.

Informasi dihimpun, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin akan mengumumkan penerimaan seleksi CPNS 2019 bulan Oktober ini. Tahun ini akan ada 197.111 formasi CPNS. Dari total 197.111 formasi yang tersedia, sebanyak 37.854 dialokasikan untuk kementerian dan lembaga di tingkat pusat, serta 159.257 formasi didistribusikan untuk 467 pemerintah daerah.

Formasi terkait administrasi akan dikurangi tahun ini dan yang diprioritaskan adalah tenaga teknis yang mendukung pengembangan nasional, terutama guru dan tenaga kesehatan, serta tenaga teknis lainnya untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur. Sementara, prioritas untuk daerah adalah guru dan tenaga kesehatan.

Sedangkan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar sebelumnya telah melayangkan surat ke pemerintah pusat agar dibuka penerimaan CPNS. Namun sampai saat ini belum ada surat dari Kemenpan RB terkait penerimaan CPNS Pemko Pematangsiantar. Hal itu dikatakan salah seorang staf di kantor BKD Pematangsiantar, kemarin. (mag-05/mag-04)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close