Berita

Tahun Ini, Jalinsum Galanggang Diperbaiki

PALAS, FaseBerita.ID – Kabar baik tahun ini akan ada perbaikan jalan provinsi di Sibuhuan. Keluhan yang kerap dikeluhkan warga atau pengendara, akhirnya terjawab.

Salah satu yang persoalkan adalah jalan provinsi di sepanjang pusat pasar sibuhuan. Lebih-lebih jalan yang sering disebut jalan Galanggang ini merupakan jalan menghubungkan Sibuhuan-Sosopan.

Dinas Bina Marga Pemprovsu melalui UPT Bina Marga Gunung Tua akan menggelontorkan dana sebesar Rp15.210.000.000 untuk peningkatan jalan tersebut. Diperkirakan ada sepanjang 3,38 Kilometer untuk pembangunan Jalan Lintas Sumatera (jalinsum) ruas KM 150-Sibuhuan ini.

Tidak itu saja, pada ruas jalinsum KM 150 (Sospan-Sibuhuan) ini juga nanti akan dipasang Box Culvert yang berada di sekitar Aek Silakkum sepanjang 3 meter. Dana yang alokasikan berkisar Rp 1.250.000.000.

“Mulai dari Banjar Kubur sampai jembatan kita fokuskan, karena itu yang parah,” jelas Kepala UPT Bina Marga Gunung Tua Marlindo Harahap didampingi Kasi Pembangunan M Rasuli kepad metro Tabagsel saat kunjungan Gubernur Sumut ke Kabupaten Palas belum lama ini.

Selain itu, peningkatan kapasitas Jalinsum juga akan dilaksanakan pada ruas KM 168 (Binanga-Sibuhuan) tepatnya di daerah Desa Tobing Tinggi Kecamatan Lubuk Barumun. Peningkatan jalinsum berkisar 4 kilometer dengan biaya berkisar Rp 16 Miliar.

“Ada juga nanti pemeliharaan rutin, kita prioritaskan yang parah-parah,” tukas Marlindo.

Hal ini juga menjawab kemauan Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO) kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat berkunjung belum lama ini. Malah, saat berkunjung ke salah satu ponpes di Sibuhuan, gubernur menyinggung bupati yang sengaja dibawa lewat melalui jalan galanggang tersebut.

“Saya tahu, sengaja saya dibawa bupati lewat jalan (galanggang) itu,” singgung Gubsu saat itu melintasi jalinsum yang kini jalur dua tersebut. (tan)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button