Berita

Survey LSN di Pilkada Siantar: Warga Yakin Asner Silalahi Menang Atas Kotak Kosong

SIANTAR, FaseBerita.ID-Lembaga Survey Nusantara (LSN) merilis hasil survey Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Siantar Tahun 2020. Pilkada Kota Siantar,  untuk pertama kali hanya diikuti satu pasang calon yakni Ir Asner Silalahi – dr Susanti Dewayani. Kedua pasangan yang sama-sama berlatar belakang ASN ini, pada pengundian nomor urut berupa pilihan kolom kiri dan kanan, pasangan ini mendapat tempat di kolom kiri.

Direktur Eksekutif LSN Humuntal Rajagukguk, Jumat (2/10/2020), mengatakan secara umum masyarakat Siantar saat ini sangat menginginkan pemimpin yang dapat menjadikan wilayah kota Pematang Siantar menjadi kota yang lebih baik dan dapat mensejahterakan masyarakatnya.

Dalam survey yang dilaksanakan enam hari, mulai tanggal 23-29 September 2020 di 8 Kecamatan melibatkan responden sebanyak 2.400 orang.

Metode yang digunakan adalah sistem wawancara langsung/tatap muka yang dilaksanakan oleh para relawan (volunteer). LSN menerapkan prinsip probabilitas dalam pengambilan sampel dengan teknik stratified random sampling sehingga setiap anggota populasi (DPT) mempunyai peluang yang sama untuk dipilih atau tidak dipilih menjadi responden. Analisis data dilakukan secara independen sesuai hasil survey real di lapangan dengan margin error 2,5-4%.

Dari survey dan jawaban atas sejumlah pertanyaan yang disampaikan volunteer kepada responden, sosok yang paling banyak diinginkan masyarakat untuk memimpin Kota Pematangsiantar adalah sosok pengusaha yang memiliki sifat merakyat. Respoden lebih banyak berharap program skala prioritas di bidang pendidikan. Mayoritas masyarakat Kota Pematangsiantar mengganggap bahwa pemberian uang (money politic) untuk memilih itu tidak wajar. Mayoritas masyarakat bertanya terkait Pilkada kepada aparat kelurahan dan mayoritas memilih kaos lebih efektif sebagai

atribut sosialisasi. Masih banyak  responden tidak mengetahui secara jelas Ir Asner Silalahi sebagai calon

tunggal di Pilkada Kota Pematangsiantar akan melawan kotak kosong. Namun, saat responden ditanya soal peluang kemenangan pasangan Asner Silalahi- Susanti, responden dominan berpendapat bahwa Ir Asner Silalahi berpeluang besar memenangkan Pilkada Kota Pematangsiantar.

Dari 2.400 responden, 1.473 berniat memilih Ir Asner Silalahi sebagai calon Walikota Pematang Siantar. Mayoritas masyarakat Pematangsiantar menyarankan agar siapapun pemimpin yang terpilih, agar meningkatkan infrastruktur ke arah yang lebih baik, maju dan berkembang. Masyarakat juga menginginkan mutu pendidikan yang layak dan kesehatan yang lebih terjangkau, terlebih saat situasi Pandemi Covid-19. Mayoritas masyarakat Pematangsiantar juga mengharapkan Pilkada yang jujur tanpa money politik.(rel/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button