Berita

Survei LSN Gelombang III Calon DRPD Simalungun: Petahana Digusur Pendatang Baru

FaseBerita.ID – Nilai keterpilihan calon anggota lesgislatif petahana tidak semoncer para caleg pendatang baru. Sejumlah nama incumbent bahkan tidak banyak disebut masyarakat, pada relawan LSN yang melakukan survei gelombang ketiga untuk wilayah Kabupaten Simalungun.

Indikator survei yang dilakukan dari tanggal 28 Februari – 9 Maret 2019 ini, masih menggunakan sistim wawancara, pergerakan partai dan caleg di lapangan serta animo masyarakat.

“Hasil ini masih tetap dapat berubah, tergantung perubahan pergerakan partai dan caleg di lapangan. Ini juga dapat digunakan para caleg sebagai motivasi untuk memperbaiki kinerja agar lebih baik,” kata Direktur LSN Humuntal Rajagukguk di Kantor LSN, Kompleks Megaland Jalan Sangnaualuh Pematangsiantar, Minggu (10/3).

Menurut Humuntal, sebagai partisipasi mensukseskan Pemilu 2019, LSN masih akan melakukan survei lanjutan hingga minggu tenang 14 April 2019.

Sementara dari hasil survei yang dirilis, untuk Daerah Pemilihan I Kabupaten Simalungun, hanya dua nama incumbent yang disebut yaki Elias Barus dari Demokrat, Waridin Purba PDIP dan Johialam Saragih dari Golkar. Sementara enam caleg lainnya merupakan pendatang baru. Partai Golkar diprediksi memeroleh dua kursi.

Sementara untuk Dapil II, nama Franky Sanca Siahaan dari Partai Demokrat, Sariadi Saragih (Perindo), Hetty Berliana Damanik (Golkar) dan Jhon Sudirman Saragih ST (PDI P), merupakan pendatang baru yang disebut-sebut memiliki peluang besar. Franky dan Sariadi, dalam survei sebelumnya juga mendapat nilai bagus.

Sementara Dapil III, disebut-sebut masih dikuasai para incumbent. Walau beberapa nama pendatang baru muncul dan memberikan kesan positif.Nama Joel Sinaga (PDI P), Fao Saut Sinaga (Gerindra), Jaminta Purba (Golkar), Erna Sari Purba (Demokrat), Tenno Sihombing (Nasdem), disebut memiliki peluang paling besar.

Di Dapil IV, merupakan dapil yang juga masih dikuasai petahana. Sejumlah nama imcumbent masih mendapat sambutan positif dari masyarakat, dan memiliki partai dan tim yang solid di lapangan.

Dapil V Simalungun diperkirakan ada kejutan dari pendatang baru. Untuk Demokrat ada nama Johanes Sipayung, Manandus Sitanggang dari Hanura, Benfri Sinaga dari Partai Berkarya dan Bonauli Rajagukguk dari Partai Gerindra, yang sebelumnya pindah partai dari PKPI diperkirakan akan berhasil mendapatkan satu kursi di DPRD Simalungun.

Sementara untuk Dapil VI, selain nama petahana, nama Maraden Sinaga, Wardison Purba , Hongki Sitio dan Agustin Budianto Damanik dari PKPI, disebut-sebut memiliki peluang terbesar. (Hasil lengkap survey, lihat table). (esa)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button