Berita

Survei Gelombang I LSN untuk Dapil X Siantar-Simalungun: Nasdem Terkuat

FaseBerita.ID – Lembaga Survei Nusantara (LSN) merilis hasil survei gelombang pertama untuk Calon Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara daerah pemilihan X, meliputi Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun. Survei yang dilaksanakan 14 Maret-23 Maret tersebut, menempatkan Partai Nasdem sebagai peraih kursi terbanyak.

Direktur Eksekutif LSN Humuntal Rajagukguk, Minggu (24/3) di Kantor LSN Komplek Megaland mengatakan, jika pemungutan suara Pileg 2019 dilaksanakan semasa survei, maka calon anggota DPRD Partai Nasdem yang besar mendapat pilihan masyarakat. Itu didukung sosok caleg yang memasyarakat, mesin partai yang sudah bekerja sejak jauh hari dan pertimbangan kapasitas dan kualitas calon.

“Relawan yang melakukan survei mendapatkan pernyataan masyarakat tentang nama-nama yang sangat kental di masyarakat saat ini. Mereka rata-rata sudah mengenal si calon. Itu bisa karena kedekatan emosional dan sosialisasi yang sukses,” kata Humuntal didampingi Bendahara LSN Dedi Sahputra.

Dijelaskan Humuntal, untuk dua nama teratas di Partai Nasdem yakni Bukit Tambunan dan Rony Reynaldo Situmorang. Nama Bukit Tambunan sangat dikenal masyarakat, karena selama menjadi ASN telah beberapa kali menjadi pejabat Bupati. Sementara nama Rony Reynaldo Situmorang, merupakan Caleg Partai Nasdem yang pindah partai dari Demokrat. Rony pada Pileg 2014 lalu merupakan peraih suara terbanyak dari Dapil X.

Sementara nama lain yang diprediksi akan mengisi 8 kursi jatah Dapil X yakni; Franky Partogi W Sirait (PDI P), Aprimo Sibarani (Golkar), Saut Bangkit Purba SE (Demokrat), Gusmiyadi (Gerindra), Ade Farnan Saragih ST (Perindo) dan Suhadi SH (PPP).

“Hasil survei ini tentu saja dapat berubah tergantung dari pergerakan caleg masing masing di lapangan dan pergerakan mesin partai. Hasil survei LSN ini bisa menjadi motivasi. LSN akan kembali melakukan survei setelah kampanye terbuka dilaksanakan,” kata Humuntal. (esa)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button