Berita

Sumut Tak Pernah Kehabisan Talenta Qori-Qoriah

FaseBerita.ID – Mantan menteri Agama, Said Agil Husim Al Munawar menyebutkan pengembangan dan pembinaan qori/qoriah dan hafiz/hafizah di Sumatera Utara (Sumut) mengalami peningkatan.

Ini terlihat dari kualitas kafilah-kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Sumut terus meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Setelah beberapa tahun kurang terlihat eksistensinya, kini Sumut berada di peringkat ketiga secara nasional. Ini tidak terlepas dari semakin seriusnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dalam pembinaan para qori/qoriah dan hafiz/hafizah.

“Dua tahun terakhir sampai Seleksi Tilawatil Quran Sumut sudah tiga besar. Hal ini karena semakin fokus pengelolaannya. Ada pelatihan dewan hakim, pelatihan qori dan qoriah, hafiz dan hafizah serta cabang-cabang lainnya dan itu dilakukan secara berjenjang. Pengelolaan sekarang semakin profesional,” kata Said Agil Husim Al Munawar, saat diwawancarai sebelum bertugas menjadi Dewan Hakim Cabang 30 Juz pada MTQ Tingkat Provinsi Sumut ke-37 di GOR Marah Halim, Tebingtinggi, Sumut.

Menurut Said Agil, peningkatan kualitas kafilah Sumut tidak mengejutkan karena Sumut gudangnya qori/qoriah dan hafiz/hafizah. “Sebelumnya banyak anggapan Sumut ini tertidur, sehingga banyak qori-qorinya menyebar ke provinsi lain. Jadi pas nasional orang-orangnya itu juga, orang Sumut. Saya sendiri berguru pada Syekh Azrai (Abdurrauf) tahun 75-an. Jadi kalau talenta, Sumut tak pernah kehabisan. MTQ kali ini membawa Sumut pada kedewasaan,” sebutnya.

Hal senada disampaikan Yusnar Yusuf Rangkuti. Menurutnya, pada MTQ ke-37 kali ini, Sumut mampu menelurkan kafilah yang berkualitas, terutama untuk tingkat remaja. Ini penting karena remaja dalam waktu dekat akan menggantikan senior-seniornya.

“Peningkatan kualitas sudah terlihat terutama qori dan qoriah. Di tingkatan remaja juga seperti itu. Penting adanya peningkatan kualitas pada tingkatan remaja karena dalam waktu dekat mereka akan menggantikan seniornya. Ini perlu konsistensi dan tekad. Saya yakin dengan bimbingan senior-seniornya yang sudah ternama, Sumut akan semakin mantap,” kata Yusnar, yang menjadi Dewan Hakim untuk cabang Tilawah Remaja.

MTQ Tingkat Provinsi Sumut di Kota Tebingtinggi berlangsung dari tanggal 5 hingga 11 September 2020. Ada 24 cabang yang diperlombakan dan berlangsung di 10 venue. Yusnar yang juga merupakan Ketua PB Al Jam’iyatul Washliyah mengatakan untuk yang belum menjadi juara kali ini masih ada MTQ berikutnya. (*/nin/pojoksumut)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button