Berita

Sumpah Pemuda ke 91: Personil dan ASN Terima Reward dari Kapolres Siantar

SIANTAR, FaseBerita.ID – Moment peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 Tahun 2019 Kapolres Siantar AKBP Budi Pardamean Saragih memberikan reward kepada empat personil dan satu Aparatur Sipil Negara (ASN) di sela sela penggelaran upacara.

Reward itu disampaikan di lapangan apel Mako Polres pematangsiantar, Senin (28/10) pagi sekira pukul 07.30 WIB di sela-sela usai upacara. Reward itu diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap para personil yang berprestasi. Adapun keempat personil penerima reward itu yakni Kanit III Sat Intelkam Aiptu Wilson Silalahi. Bhabinkamtibmas Kelurahan Banjar Polsek Siantar Barat Aipda Deddy Syam.

Kemudian Banit Sat Reskrim Brigadir Ronald Hutagaol dan Baur Provos Brigadir Iwanden Sirait serta satu orang ASN yakni Penda Tk I Polman Sirait. Sebelumnya, dalam upacara peringatan Hari Sumpah pemuda tersebut. Kapolres siantar bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup). Sedangkan Kapolsek Siantar Barat Iptu Subagya memimpin sebagai perwira upacara dan Ipda Jonharno Purba memimpin sebagai komandan Upacara (DanUp).

Kapolres Siantar AKBP Budi Pardamean Saragih membacakan amanat tertulis Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Zainudin Amali. Kapolres mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada tokoh pemuda Tahun 1928.

Di mana toko pemuda tersebut telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Sehingga menjadi pelopor Pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia, sekaligus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

Bahwa hanya dengan persatuan, kita justru dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Tema Bersatu Kita Maju, sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju.

Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif. Serta yang mampu untuk bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia. Maka, disinilah diharapkan peran pemuda agar dapat bersaing dalam bentuk apapun.

Tentunya dalam hal yang posistif. Karena Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia. Bahkan pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia. Saya berharap kedepan, akan banyak lagi muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia.

Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat. Yakni bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia. (mag03)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button