Berita

Sudah 623 Ribu Lebih Calon Pemilih di Asahan Dicoklit

FaseBerita.ID – Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) saat ini masih bekerja melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap seluruh calon pemilih di Kabupaten Asahan jelang pelaksanaan Pemilu serentak 9 Desember 2020.

Sebanyak 1.938 petugas tersebar dan sedang bekerja di 25 Kecamatan di Kabupaten Asahan mulai tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus mendatang. Dan proses pendataan sudah dilakukan terhadap 623 ribu calon pemilih atau dengan progress 81 persen.

“Sesuai laporan tadi malam, sudah 81 persen. Coklit ini bertujuan untuk mengetahui pemilih yang ada di A-KWK diambil dari DP4, Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu yang diperoleh dari Kemendagri,” kata Kelana Simanjuntak, komisioner KPU Kabupaten Asahan kepada wartawan, Rabu (12/8).

Sementara itu, berdasarkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) di Kabupaten Asahan terdapat 623.096 pemilih yang harus dicoklit. Dalam hal ini, PPDP ini bertugas untuk memastikan keberadaan pemilih ini, apakah Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat.

Selanjutnya, panitia Pemungutan Suara (PPS) di keluarahan/desa ada yang sudah melakukan penyusunan daftar pemilih hasil coklit. Berdasarkan jadwal di PKPU, tahapan itu bisa dilakukan setiap PPS mulai 7-29 Agustus 2020.

Selanjutnya PPS bisa menggelar rapat rekapitulasi pemutakhiran coklit mulai dari 30 Agustus sampai 1 September 2020. Sedangkan tahapan rapat pleno tingkat kecamatan atau Panitia Pemilik Kecamatan (PPK) digelar pada 2-4 September 2020.

Sementara pleno rekapitulasi pemutakhiran data coklit akan berlangsung di tanggal 4-6 September 2020. (per)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button