Berita

Stop Bakar Lahan! Sudah 31 Hektare Hutan dan Lahan Terbakar

FaseBerita.ID – Cuaca panas yang kurang lebih sepekan belakangan terjadi di Tapanuli Tengah (Tapteng), memicu terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Diperkirakan, sudah 31 hektare lahan terbakar di beberapa titik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapteng, Safaruddin Nanda Nasution kepada wartawan media ini mengimbau agar warga tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

“Karna (biasanya, red) di musim kemarau mereka membuka lahan dengan cara praktis. Kalau masalah Karhutla ini sudah menjurus ke tindak kriminal. Kalau dari kita BPBD, hanya mengimbau masyarakat jangan coba-coba membuka lahan dengan membakarnya. Karena kalau sudah membakar itu sudah menjurus bisa ke penegak hukum,” ujar Safaruddin, Senin (24/2).

Disinggung bagaimana tindakan apabila ada perusahaan perkebunan yang sengaja melakukan pembakaran untuk membuka lahan, Safaruddin menegaskan yang bersangkutan dipastikan akan berurusan dengan aparat penegak hukum.

“Siap-siap menghadapi penegak hukumlah, pasti dari pihak polisi pasti mengejar. Cuma kalau dari kami, setiap kebarakan itu pasti turun,” ucapnya.

Safaruddin juga menuturkan, tentang sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran Hutla jauh-jauh hari telah dilakukan pihaknya, dan hal itu merupakan agenda rutin BPBD Tapteng.

“Selama ini sudah jalannya tiap tahun, kegiatan rutin tiap tahun, namanya mitigasi. Jadi, mitigasi ini bukan hanya kebakaran hutan saja, masalah banjir, kemungkinan daerah kita kena tsunami, tetap sosialisasi. Karena ini tergantung pribadi manusianya ini, jadi mungkin selama ini orang ini (pelaku pembakaran, red) sepele saja, makanya Pak Presiden nggak mau tahu pelaku pembakaran hutan akan ditindak tegas sekarang, tahun ini ditindak tegas itu,” katanya.

Dijelaskannya, kemarin, Senin (24/2) pihaknya sedang menuju Kecamatan Lumut tepatnya di lokasi PT PIA. Dimana di lokasi terjadi kebakaran yang diinformasikan luasnya sekitar 15 hektare. Namun begitu pihak belum dapat memastikan luas pastinya yang terbakar.

“Baru yang di Lumut PT PIA, nggak ngerti aku gimana orang ini, yang penting TNI/Polri dan BPBD sudah turun, cuma kalau luasnya belum bisa kita pastikan apakah 15 hektare atau berapa, nanti saya infokan data pastinya. Di Sipange Kecamatan Tukka juga ada kebakaran, personil lagi turun ke sana sekarang, cuma luasnya belum dapat info kita,” sebutnya.

Sementara, Camat Sarudik Harrys P T Sihombing baru-baru menuturkan bahwa di wilayah Kecamatan Sarudik pada Sabtu (22/2) sekira pukul 13.00 WIB telah terjadi Karhutla di Perbukitan Pondok Batu dan di Perbukitan Kelurahan Sibuluan Nalambok. Masing-masing diperkirakan memiliki luas 5 hektare, namun sore harinya api telah berhasil dipadamkan.

Terpisah, Camat Tapian Nauli Rinaldy Siregar juga menyampaikan bahwa pada Sabtu (22/2) lalu, di wilayah yang dipimpinnya itu terjadi kebakaran lahan di empat titik dengan total luas 6 hektare dan telah berhasil juga dipadamkan atas kerjasama TNI/Polri serta pihak instansi terkait. (dh)

Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close