Berita

STAMI, PBI dan USI Berkolaborasi Tingkatkan Mutu Pendidikan

SIANTAR, FaseBerita.ID – Sekolah Tinggi Akuntansi dan Manajemen Indonesia (STAMI) dan Politeknik Bisnis Indonesia (PBI) bekerjasama dengan Universitas Simalungun Indonesia (USI) untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya masyarakat Pematangsiantar dan Simalungun.

Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan langsung oleh Dr Calen SE MM selaku Ketua STAMI, Sahat Sonang S MKom selaku Direktur PBI dan Dr Corry MSi selaku Rektor Universitas Simalungun.

Adapun ruang lingkup Nota Kesepahaman yaitu Para pihak sharing informasi, knowledge dan expert dalam bidang pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan lowongan kerja.

Peserta dan atau nara sumber pertemuan ilmiah, seminar dan publikasi yang diselenggarakan oleh para pihak, peningkatan kualitas sumber daya manusia para pihak melalui pelatihan singkat (short training) dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan soft competency maupun technical competency dan kegiatan lain yang relevan dan disepakati oleh para pihak.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan “diseminasi Program Bantuan Pengembangan Layanan Pusat Karir/Tracer Study Tahun 2019” yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI pada tanggal 24 Juli 2019 yang lalu.

Sejak acara itu digelar pihak dari STAMI dan Politeknik Bisnis Indonesia yang diwakili Novendra Adisaputra Sinaga SKom MM aktif membangun komunikasi dengan Kepala PPK USI agar berkenan berkolaborasi dalam meningkatkan mutu pendidikan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan-pelatihan singkat.

Dr Calen SE MM selaku Ketua STAMI mengucapkan terima kasih kepada pihak USI terutama kepada Ir Mustafa Ginting MSi kepala PPK USI dan Novendra Adisaputra SKom MM yang telah bekerja keras menggagasi dan mempersiapkan Nota Kesepahaman ini sehingga penandatanganan MoU dapat dilakukan.

“Sudah saatnya perguruan tinggi bukan lagi hanya sekedar meluluskan mahasiswanya menjadi sarjana, tetapi juga mempersiapkan kesempatan dan lowongan kerjanyanya. Maka kami tidak hanya menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan perusahaan besar tapi juga menjalin hubungan dengan institusi-institusi lainnya,” ucap Dr Calen, SE MM.

Senada dengan itu Sahat Sonang S MKom Direktur Politeknik Bisnis Indonesia menyampaikan bahwa STAMI, PBI dengan USI dapat berkolaborasi secara sinergis karena banyak tantangan yang dihadapi di depan dalam membangun Kota Pematangsiantar. Namun dirinya yakin bila bersama maka tantangan itu dapat dilalui dengan baik.

Rektor USI Dr Corry MSi dalam arahan dan bimbingannya menuturkan tidak ada satupun perguruan tinggi yang dapat eksis tanpa membangun kerjasama dengan pihak lain. Sehingga penandatanganan Nota Kesepahaman hari ini merupakan pintu masuk antara USI dengan Politeknik Bisnis Indonesia dan Sekolah Tinggi Akuntansi dan Manajemen Indonesia mengembangkan kerjasama yang lebih luas lagi misalnya pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa, menggelar seminar dan lainnya.

Acara penandatanganan Nota Kesepahaman ini turut dihadiri oleh Arifin Tua Purba, MKom Kaprodi Teknik Komputer Henry Dunan Pardede MM, Kaprodi Keuangan Perbankan Victor Marudut Siregar MKom, Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Novendra Adisaputra Sinaga SKom MM selaku Ketua Enterpreneurship and Career Development Center (ECDC), Richard Berlien SKom MM, Perwakilan Badan Ekseskutif Mahasiswa STAMI dan PBI, serta dari Tim USI. (rel)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button