Berita

STAI UISU Gelar Opak: Diikuti 178 Mahasiswa Baru

FaseBerita.ID – Sebagai Perguruan Tinggi Islam di Kabupaten Simalungun, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) “UISU” Pematangsiantar terus berupaya meningkatkan kualitas di bidang akademik yang merupakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Seperti biasa, setiap dimulainya tahun ajaran, sekolah tinggi ini melaksanakan Orientasi Pengenalan Akademi (OPAK) bagi seluruh mahasiswa baru, yang kali ini dilaksanakan selama tiga hari sejak 5 hingga 7 September lalu.

Ketua Panitia Wahyudi SPdI MM dalam laporannya mengatakan bahwa peserta orientasi itu diikuti mahasiswa dari program studi (prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Kegiatan juga dihadiri Ketua STAI “UISU” Drs H Mukhtar Lubis MM, WK I Bidang Akademik Hadi Suprapto SAg MKom.I, WK II Bidang Umum dan Keuangan Atikah Hairani Nasution MPd, WK II Bidang Kemahasiswaan Muhammad Jali Ahfaz Ritonga, SS MPd, Ketua Prodi PAI Hj Junaini MPd dan seluruh staf pegawai.

Dijelaskan Wahyudi, maksud dan tujuan kegiatan Orientasi Pengenalan Akademik adalah agar mahasiswa baru mengenal dan memahami lingkungan kampus Sekolah Tinggi Agama Islam “UISU” Pematangsiantar sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya. “juga menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di STAI “UISU” secara maksimal.

Termasuk juga mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar di Perguruan Tinggi serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di STAI “UISU”, khususnya yang terkait kode etik dan tata tertib mahasiswa,” katanya di Aula STAI “UISU” Sabtu (7/9/2019) lalu.

Sementara itu Ketua STAI “UISU” Drs H Mukhtar Lubis MM dalam sambutannya menyatakan bahwa OPAK adalah kegiatan akademik yang wajib diikuti seluruh mahasiswa baru dan bukan kegiatan perploncoan. Dengan adanya OPAK, diharapkan seluruh mahasiswa dapat memahami tentang proses pelaksanaan perkuliahan dan seluruh rangkaian tahapan akademik yang akan diikuti selama perkuliahan, sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan studinya sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

“OPAK juga diharapkan bisa menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib dan dinamis. Juga menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ungkap Mukhtar.

Di akhir acara, STAI “UISU” juga memberikan hadiah kepada mahasiswa yang terdiri dari kategori individu maupun kelompok. Hadiah peserta terbaik putra jatuh kepada M Fahrur Rozy sementara untuk putri diberikan kepada Arliani. Peserta terfavorit putra adalah Randi Wardana, sementara putri Danti Isnaini. Selain itu, diberikan juga hadiah kepada kelompok mahasiswa yang berhasil menjadi juara I, II, III dan IV. (rel/hez)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button