Berita

SPs USI Buka Pendaftaran Gelombang 3 Semester Ganjil 2020/2021

SIANTAR, FaseBerita.ID– Sekolah Pascasrjana Universitas Simalungun (SPs-USI) yang berdiri tahun 2008 dan saat ini menyelenggarakan 3 Prodi Magister (S2), yaitu Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Hukum, dan Manajemen.

SPs-USI memiliki 22 orang dosen tetap bergelar Doktor dan didukung oleh sekitar 15 orang dosen tidak tetap bergelar Doktor. Selain itu, 10 orang dosen tetap USI yang sedang melaksanakan tugas belajar atau izin belajar, segera menamatkan studi mereka dan siap mendukung proses pembelajaran akademik di SPs-USI.

Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 3858/SK/BAN-PT/Ak-PJJ/M/VII/2020 tanggal 7 Juli 2020, dinyatakan bahwa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, pada Program Magister Sekolah Pascasarjana Universitas Simalungun dinyatakan memenuhi syarat Peringkat Akreditasi B.

Sertifikat Akreditasi Program Studi tersebut berlaku sejak tanggal 7 Juni 2020 sampai dengan 7 Juni 2025. Program Studi S2 PWK menyelenggarakan4 konsentrasi/peminatan, yaitu Perencanaan Wilayah Perkotaan, Perencanaan Wilayah Perdesaan, Perencanaan Pembangunan Pendidikan, dan Perencanaan Pembangunan Agribisnis.

Rencana strategis untuk peningkatan akreditasi Prodi PWK ke depan dalam jangka pendekadalah segera dilakukan analisis internal untuk menilai kemungkinan segera mengajukan usulan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) ke BAN-PT dalam rangka penyesuaian peringkat akreditasi menjadi Baik Sekali.

Pimpinan dan staf Sekolah Pascasarjana USI

Prakiraannya, ISK dimaksud diharapkan dapat disusun dan diusulkan dalam satu tahun ke depan.  Selanjutnya, rencana jangka menengah dalam 5 tahun ke depan adalah mempersiapkan pemenuhan persyaratan untuk reakreditasi Prodi PWK pada tahun 2025 dengan harapan dapat meraih Peringkat Akreditasi Unggul.

Program Studi S2 Hukum saat ini Terakreditasi C.PadaakhirAgustus 2020 ini, Program Studi S2 Hukumsedangmempersiapkan Asesmen Lapangan Daring dari BAN-PT dalam rangka akreditasi.  Asesmen Lapangan Daring akan dilaksanakan pada tanggal 26-27 Agustus 2020.

Prodi S2 Hukum mengelola 3 konsentrasi/peminatan, yaitu Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, dan Hukum Bisnis.

Program StudiS2 Manajemen juga Terakreditasi C dan dalam proses Akreditasi Pertama ke BAN-PT, dengan konsentrasi: Manajemen SDM, Manajemen Keuangan, Manajemen Produksi dan Operasi, Manajemen Pemasaran dan Kewirausahaan, dan Manajemen Pendidikan.

Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru:

Gelombang1 :20 April 2020 –30 Juni 2020

Gelombang2 : 1Juli 2020 –15 Agustus 2020

Gelombang 3 : 18 Agustus 2020 – 30 September 2020

Syarat-syarat pendaftaran adalah:

(1) Mengisi formulir yang disediakan SPs-USI

(2) Mengisi surat pernyataan bersedia mematuhi peraturan akademik dan peraturan keuangan yang berlaku di SPs-USI

(3) Fotokopi ijazah S1 dilegalisir (rangkap 2)

(4) Fotokopi transkrip nilai S1 dilegalisir (rangkap 2)

(5) Fotokopi akte kelahiran (rangkap 2),

(6) Fotokopi Kartu Keluarga (rangkap 2)

(7) Fotolopi KTP (rangkap 2)

(8) Pasfoto warna berlatar belakang merah ukuran 3×4 (8 lembar)

(9) Surat izin/tugas belajar atau rekomendasi dari atasan bagi yang sudah bekerja (jika sudah ada).

Pada saat mendaftar, calon mahasiswa membayar uang pendaftaran, uang matrikulasi, dan uang pembangunan sesuai peraturan yang berlaku di SPs-USI.

Direktur SPs-USI, Dr Jef Rudiantho Saragih, menyatakan bahwa Sekolah Pascasarjana USI saat ini secara bertahap fokus pada peningkatan kualitas dan integritas akademik.

Di samping itu, kepatuhan pada administrasi akademik dan administrasi keuangan semakin ditingkatkan untuk semua pemangku kepentingan. Segenap Sivitas Akademika dan stakeholder SPs-USI wajib berpedoman secara konsisten pada peraturan akademik dan kewajiban keuangan yang ditetapkan oleh Yayasan dan Rektor.

Sosialisasi job fair online melalui fasilitas zoom olek PPK USI.

Saat ini, Sekolah Pascasarjana USI tengah melaksanakan pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19.  Pembelajaran daring dilaksanakan dengan platform yang disepakati dengan prinsip tidak membebani mahasiswa, namun tetap semaksimal mungkin memenuhi capaian pembelajaran.

Pada semester ganjil T.A. 2020/2021, pembelajaran juga dilaksanakan secara daring berdasarkan pengumuman dan ketentuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang menentukan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan tinggi di semua zona dilaksanakan secara daring.

“Kami ingin mewujudkan SPs-USI menjadi pilihan bagi calon mahasiswa baru karena komitmen untuk secara konsisten meningkatkan kualitas dan integritas akademik.

Mahasiswa baru yang diterima hanya wajib membayar kewajiban keuangan sebagaimana ditentukan peraturan yang berlaku di SPs-USI dan Universitas Simalungun.  Komitmen ini tetap kami jaga dan akan konsisten ditingkatkan ke depan oleh seluruh dosen, tenaga kependidikan, dan seluruh mahasiswa”, demikian disampaikan Direktur SPs-USI.

Komitmen tersebut tentu didukung oleh Ketua Program Studi PWK (Dr. Ummu Harmain), Ketua Program Studi S2 Hukum (Dr. Mariah S. M. Purba), dan Ketua Program Studi S2 Manajemen (Dr. Pinondang Nainggolan), serta seluruh Tenaga Kependidikan di SPs-USI.

Tenaga Kependidikan di Sekolah Pascasarjana USI adalah BismarSibuea, M.Pd; Yulita Girsang, SE, MSM; Ade Meylisca Nasution, S.Pd; Eka Bachtara Syaputra, A.Md; Riston Antoni Purba, ST dan Nurasiyah, S.Sos.

Informasi dan pendaftaran dapat menghubungi Yuli (0821-6184-6980) dan Sekretariat SPs-USI (0823-6091-1888), dan atau kunjungi laman http://pasca.usi.ac.id.  Sekretariat pendaftaran beralamat di Gedung Sekolah Pascasarjana Lt. 1, Kampus Universitas Simalungun, Jl. Sisingamangaraja – Pematangsiantar.(rel/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button