Berita

SPBU Kebun Jambu Sibolga Layani Pembelian Berjerigen

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kebun Jambu melayani pembelian bahan bakar jenis tertentu menggunakan jerigen. Adapun jenis bahan bakar yang dilayani berupa pertalite dan dexlite.

Menurut pihak SPBU, aturan tersebut sudah lama mereka diterapkan. Dan katanya lagi, hal itu diperbolehkan oleh pihak PT Pertamina. “Pertalite bisa, dexlite bisa. Diperbolehkan Pertamina-nya. Gak tahu sejak kapan, yang pasti sudah lama lah,” kata Humas SPBU Kebun Jambu yang mengaku bermarga Hutagalung, Senin (27/1).

Dia juga menambahkan, untuk bahan bakar non subsidi, diperbolehkan membeli menggunakan kemasan. “Asal jangan yang subsidilah. Kalau non subsidi, boleh,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Saulman Sinaga, salah seorang warga Sibolga mengaku sangat khawatir dengan penjualan bahan bakar dengan menggunakan kemasan. Pasalnya, bahan bakar tersebut sangat rentan disalahgunakan.

Misalnya, dengan menjual kembali di pinggir jalan. Sementara, hal tersebut dilarang oleh pemerintah. “Kita khawatir itu dijual kembali di pinggir jalan. Secara tidak langsung, SPBU mendukung penjualan minyak secara ketengan di pinggir jalan. Padahal itu dikarang oleh pemerintah. Karena, sangat rentan terjadinya kebakaran,” kata Saulman.

Sebagai warga, dia meminta agar SPBU 14.225.314 yang terletak di Kelurahan Pancuran Gerobak tersebut untuk dievaluasi. Karena izin yang diberikan oleh PT Pertamina untuk memperbolehkan mereka menjual bahan bakar menggunakan kemasan dianggap keliru.

“Kami minta agar Pertamina meninjau kembali izin yang diberikan kepada pihak SPBU soal izin menjual dengan menggunakan jerigen. Saya rasa, izin tersebut keliru. Apakah Pertamina tidak memikirkan, dampak dari penjualan minyak dengan jerigen. Kalau minyak tersebut ditimbun di suatu tempat dan terjadi kebakaran, siapa yang bertanggungjawab,” ketusnya.

Amatan di SPBU Kebun Jambu, tampak beberapa jerigen berjejer menunggu antrean. Beberapa jerigen yang sudah terisi diangkut dengan menggunakan truk jenis cold diesel. Tidak diketahui kemana minyak-minta tersebut akan dibawa. (ts)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close