Berita

SMA Teladan Wujudkan Siswa Berkarakter Wirausaha

SIANTAR, FaseBerita.ID – SMA Swasta Teladan menggelar pembukaan program kewirausahaan yang diikuti 80 siswa Kelas X-XII di Aula YP Teladan Pematangsiantar, Sabtu (26/7/2019).

Acara tersebut dibuka oleh Kacabdis Pendidikan Pematangsiantar Darwin Erikson SSos MSi didampingi Kepala SMA Teladan Sangkot Sitohang SSi MPd dan Natal Josua Simanjuntak SPd selaku Ketua pelaksana sekaligus pemateri Sosialisasi program kewirausahaan.

Natal Josua Simanjuntak sebagai pemateri menyampaikan, sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional telah mengamanatkan bahwa tujuan pendidikan adalah mempersiapkan insan Indonesia untuk memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang produktif, kreatif dan edukatif dan efektif serta mampu berkompetisi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban dunia.

Pengembangan kewirausahaan SMA yang dimaksud adalah bagian dari program pembentuk karakter yang terkait dengan pembentukan sikap dan perilaku.

Pengelolaan pendidikan diharapkan mampu membentuk strategi pengelolaan pendidikan yang lebih baik, sehingga mampu menghasilkan pendidikan yang bekualitas baik akademik maupun non akademik.

Program ini sebagai salah satu upaya memberi bekal kepada peserta didik agar mereka memahami konsep kewirausahaan, memiliki karakter wirausaha, mampu memanfaatkan peluang dan mendapatkan langsung pengalaman berwirausaha, serta terbentuknya lingkungan sekolah yang berwawasan kewirausahaan.

“Komunitas SMA kewirausahaan harus satu gerak dan tujuan agar seluruh SMA di Indonesia maju bersama hebat semua,” ujar Natal.

Disebutkan Natal, perkembangan dunia usaha tahun 2019 dilaksanakan berbasis kompetensi telah ditetapkan 204 SMA dari puluhan ribu SMA swasta dan Negeri di seluruh Indonesia untuk menerima bantuan Pemerintah program kewirausahaan.

Salah satunya adalah SMA Swasta Teladan yang terpilih sebagai penerima bantuan tersebut dan ini terlaksana atas kerjasama SMA Swasta Teladan dan Kacabdis Pematangsiantar yang diikuti oleh 80 orang siswa terpilih dari kelas 10 sampai 12 dan guru-guru.

Tim kewirausahaan sekolah telah mempersiapkan langkah-langkah untuk menyukseskan program kewirausahaan ini.

Dia menjelaskan, hasil yang diharapkan dari bimbingan teknis pengelolaan program kewirausahaan di SMA ini, untuk meningkatkan pemahaman tentang implementasi program kewirausahaan.

“Meningkatkan kemampuan pengelola untuk menganalisis pola-pola berpikir wirausaha dan pencernaan bisnis yang berfokus peserta didik,” ujar Natal.

Kepala SMA Swasta Teladan Sangkot Sitohang SSi MPd menyampaikan terimakasih kepada Tim Wirausaha SMA Teladan dan Kacabdis Pendidikan Pematangsiantar yang telah bekerja keras hingga mendapat bantuan dari Pemerintah untuk mendukung program pendidikan di SMA Swasta Teladan.

Berdasarkan hasil evaluasi proposal tersebut, ditetapkan sebanyak 204 SMA untuk penerima bantuan pemerintah program kewirausahaan di SMA tahun 2019. Dan sudah dilakukan bimbingan teknis penerima bantuan pemerintah yang bertujuan untuk memberikan arahan-arahan penyelengaraan program kewirausahaan, penandatanganan surat kerjasama, dan penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

“Bimbingan teknis berdasarkan Region, Region 1 dilaksanakan pada tanggal 14-17 Mei 2019 di Bogor. Bimtek Region 2 dilaksanakan pada tanggal 20-23 Mei 2019 di Surabaya,” terang Sangkot.

Sangkot menambahkan bahwa sudah mempesiapkan anggaran dan anggaran tersebut akan dibagi setiap ruangan. Setiap ruangan akan mendapatkan Rp1 juta yang akan menjadi modal perkelompok. Adapun syaratnya uang yang satu juta tersebut habis untuk membeli bahan yang habis pakai.

“Dengan anggaran dan kesempatan ini kita berharap kepada anak-anak agar memanfaatkannya dengan sebaik mungkin,” harap Sangkot.

“Kami berharap anak-anak didik tidak mengabaikan kesempatan ini. Karena kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa-jiwa wirausaha. Kalau jiwa wirausaha anak didik sudah terbentuk maka jiwa mandiri itu akan hadir dalam diri anak-anak didik,” harap Sangkot. (mag04/des)





Back to top button