Berita

Siswa di Simalungun Panjat Pohon Demi Belajar Daring

FaseBerita.ID – Sejumlah siswa di Simalungun, memanjat pohon demi mendapat sinyal untuk sekolah daring. Hal itu diketahui dari sebuah posting-an yang menunjukkan sejumlah siswa belajar dari atas pohon di Simalungun, viral di media sosial.

Para siswa ini disebut naik ke atas pohon untuk mendapatkan sinyal saat belajar daring.

Senin (3/8/2020), foto di posting-an itu menunjukkan beberapa siswa berada di atas pohon sambil menggunakan ponsel. Beberapa anak juga terlihat di bawah pohon sambil memegang ponsel.

“Sejumlah siswa di Simalungun terpaksa memanjat pohon agar mendapatkan sinyal agar bisa mengikuti pelajaran secara daring,” tulis pengunggah.

Selain harus memanjat pohon, para siswa disebut harus berjalan kaki sejauh 2 km dari rumah untuk mencapai lokasi itu. Para siswa itu terdiri atas pelajar SMP dan ada yang merupakan mahasiswa.

“Sementara itu, bagi siswa sekolah dasar belajarnya dilakukan secara berkelompok,” jelas posting-an itu.

Edy Minta Operator Siapkan Jaringan

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi mengatakan hal tersebut menjadi salah satu persoalan yang dievaluasi terkait pembelajaran secara daring.

“Ini salah satu evaluasi,” ucap Edy di rumah dinas Gubsu, Medan, Selasa (4/8/2020).

Edy mengatakan bakal meminta operator menyiapkan jaringan yang baik di wilayah-wilayah yang selama ini kesulitan sinyal. Hal ini, katanya, harus dilakukan agar para pelajar bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring dari rumah masing-masing.

“Semua yang bersangkutan dengan sinyal. Memperpanjang dan menyiapkan fasilitas jaringan. Itu dia kan ada aturan main. Jumlah manusianya, itulah diadakan jaringan. Karena dia kan bisnis,” tuturnya. (dtc)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button