Berita

Sistem Drainase Menyalahi, Warga Minta Pimpinan PTPN IV Dipolisikan

FaseBerita.ID – Golang Harianja warga Kecamatan Hutabayuraja, Kabupaten Simalungun menyarankan supaya masyarakat, Pemkab bersama DPRD Simalungun melaporkan pimpinan PTPN 4.

“Saran saya, pimpinan PTPN 4 itu di laporkan saja ke polisi. Jangan cuma RDP saja. Karena dengan sistem Drainase PTPN 4 yang salah itu sudah sangat merugikan masyarakat Simalungun yang bermukim di sekitar PTPN 4,” kesalnya.

Diterangkannya, Pemkab Simalungun bersama dengan DPRD harus melaporkan PTPN 4 ke kepolisian karena itu bukan bencana alam, tetapi akibat ulah kebijakan dari PTPN 4.

Dijelaskan Golang Harianja, akibat kebijakan PTPN 4 yang salah sehingga mengakibatkan kerugian negara dan masyarakat Simalungun karena PTPN IV buang air ke parit bukan ke sungai.

“Dampaknya yang paling fatal di tanah Jawa Jalan terputus karena besarnya debit air dari PTPN 4 sehingga mendorong jalan itu longsor dan satu lagi jembatan yang terputus adalah jembatan darurat juga di Panei Tongah sering banjir,” jelasnya.

Sambung Golang Harianja, herannya walaupun begitu berulang-ulang PTPN 4 Kebun Marihat itu tidak mau mengalihkan ke Sungai Bahkisat tetapi memaksakan membuang air ke parit, maka terjadilah banjir bandang buatan.

“Kalau sekarang Hutabayu inilah yang paling ngeri mau ke Siantar jalan putus di Tanah Jawa mau ke Perdagangan tetapi di Raja Maligas jalannya sudah macam sawah, yang jelas kami terisolir,” tuturnya.

Ditambahkannya, kiranya jika PTPN 4 itu tidak mau bertanggung jawab tentang hal ini masyarakat bersama DPRD akan melaporkan manajemen PTPN 4 ke polisi.

Askep Bahjambi, Iwan Hanafi Purba aaat dikonfirmasi via selulernya, belum bersedia mengangkat teleponnya. Sementara Humas Kebun Marjandi, Rudi Harahap saat dikonfirmasi melalui selulernya, mengatakan akan mempelajarinya.

“Iya kita pelajari dulu dan akan melakukan pengelolaan kebun sawit dengan baik,” singkatnya. (mag-05)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close