Berita

Simulasi Penanganan Bencana, Jangan Panik Bila Terjadi Gempa

SIANTAR, FaseBerita.ID – Simulasi Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Kota Pematangsiantar diselenggarakan di pusat Spritualitas Bunda Maria Karmel Tanjung Pinggir, Jumat (25/4).

Dalam rangka kegiatan ini Agustina Sihombing selaku Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Tim Reaksi Capat (TRC) sekaligus ketua pelaksana HKBN mengatakan bahwa Kesiap Siagaan dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan komunitas.

Dalam sambutannya Agustina Sihombing mengatakan tujuan diadakannya kegiatan ini untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana alam dan sekalian memberitahukan cara-cara penyelamatan jikalau ada bencana alam.

“Kegiatan ini juga sebagai pelatihan kepada tim kita dan masyarakat khususnya para anak muda karena kita juga mengundang anak-anak SMP, SMA,dan para mahasiswa untuk berperan,” ujar Agustina Sihombing.

Umar Sinaga sebagai struktur simulasi menjelaskan bagaimana cara kerja BPBD dan tata cara penyelamatan jikalau ada bencana alam dan penyelamatan yang baik dan mencontohkan langsung apa yang harus dilakukan kalau ada kejadian gempa bumi.

Salah satu simulasi yang dilaksanakan adalah tentang penanganan bila terjadi gempa bumi. Terlihat di dalam gedung berlantai tiga, warga (diperankan pelajar) tampak terburu-buru keluar dari gedung. Sementara petugas bencana alam mengarahkan, mereka agar berkumpul di lapangan terbuka.

Sedangkan, beberapa petugas lainnya masuk ke dalam gedung untuk memeriksa setiap kamar atau ruangan untuk memastikan apakah masih ada orang di dalam. Dalam setiap bencana khususnya gempa bumi, diminta agar penghuni rumah tidak panik dan secepatnya pergi ke luar rumah.

Ketua BPBD Midian Sianturi mengatakan bahwa BPBD siap melaksanakan tugas dalam penanggulangan bencana alam.

“Dengan adanya kegiatan ini kita bisa sadar akan bencana alam. Kegiatan simulasi sekarang ini adalah tentang penanganan bila terjadi gempa bumi. Harapan kita dengan adanya simulasi ini, masyarakat dapat siap siaga dari diri sendiri, keluarga dan komunitas. (mag04/pra)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker