Berita

Siklus Hujan Ekstrim Tahunan Semakin Memendek

FaseBerita.ID – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengatakan siklus tahunan hujan ekstrim telah berubah. Menurut Dwikorita, tenggat siklusnya sudah semakin pendek.

“Hujan intensitas esktrim itu ada siklusnya, tapi tampaknya siklus itu semakin memendek. Yang biasanya 10 tahunan, 20 tahunan menjadi datang hanya dalam waktu 5 tahun atau kurang,” ujar Dwikorita di Kantor BPPT, Jakarta, Jumat (3/1).

Siklus hujan yang semakin pendek itu terjadi akibat cepatnya perbubahan iklim. “Tingginya perubahan iklim itu yang mempercepat siklus itu datang. Jadi ada pengaruhnya,” katanya.

Dwikorita mengatakan, curah hujan dengan intensitas tinggi bisa terjadi karena adanya gejala aliran udara basah. Kemudian udara dingin yang masuk Laut Cina Selatan sehingga berpengaruh ke wilayah Jabodetabek. “Bayangkan ada di Tiongkok, Tibet, Hongkong tapi pengaruhnya sampai Jabodetabek,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasubid Prediksi Cuaca BMKG,Agie Wandala Putra mengatakan hujan akan mengguyur Jabodetabek dan wilayah di Indonesia sampai dengan Maret 2020 mendatang. Namun untuk curah hujan yang tertinggi akan terjadi di akhir Januari.

“Periode puncak hujan belum memasuki ya. Periode hujan tertinggi kalau kita peluangnya masih tinggi di awal akhir Januari hingga Febuari dan Maret?,” ujar Agie. (jp)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close