Berita

Sibolga Terverifikasi Kota Sehat Nasional

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Warga Kota Sibolga patut berbangga. Pasalnya kota berjuluk Negeri Berbilang Kaum Perekat Hubungan Umat Beragama itu terpilih menjadi salah satu dari 202 kabupaten/kota dari 29 provinsi yang masuk verifikasi sebagai Kota Sehat tahun 2019.

Bahkan untuk melihat langsung kondisi dan keberadaan Kota Sibolga, tim verifikasi dari pusat berkunjung langsung bersama tim dari Provinsi Sumatera Utara, Selasa (6/8/2019) lalu. Adapun tim yang berkunjung, yakni Kabid Ketahanan Gizi, KIA dan Kesehatan Lingkungan Deputi Koordinasi Bidang Peningkatan Kesehatan RI Ratna Kusuma Dewi dan Subdit Penyehatan Udara Tanah dan Kawasan pada Direktorat Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI Ze Eza Yulia Pearlovie.

Dalam sambutannya, Ratna Kusuma Dewi menjelaskan bahwa program penilaian Kota Sehat sudah dimulai sejak 2005.

“Ada 29 provinsi di Indonesia dan 202 kabupaten/kota yang masuk dalam verifikasi Kota Sehat tahun 2019 dan sisanya belum masuk, karena mungkin masih malu-malu. Sedangkan tujuan penilaian Kota Sehat ini adalah untuk meningkatkan sarana prasarana dan peran masyarakat untuk mendukung program pemerintah, khususnya di bidang kesehatan, sehingga masyarakat dapat dengan aman dan nyaman bekerja dan berusaha di suatu daerah,” jelasnya.

Menurutnya, ada beberapa yang dinilai tim verifikasi terhadap Kota Sehat, di antaranya ketersediaan sarana air minum. Demikian juga dengan kondisi tempat tinggal dan peran serta masyarakat.

“Untuk itulah kami turun ke Sibolga ini guna melihat langsung kondisi dan peran serta masyarakat. Artinya, jangan hanya pemerintah yang bekerja, tetapi masyarakat juga harus berperan. Jadi harus ada kerja sama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat. Dan yang paling utama adalah, bukan juaranya, melainkan pola pikir masyarakatnya dapat berubah,” ujarnya.

Sebelumnya Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk didampingi Sekda M Yusuf Batubara memaparkan prestasi-prestasi yang sudah diraih Kota Sibolga selama masa kepemimpinannya. “Khusus bidang kesehatan, Pemko Sibolga telah meraih Universal Health Coverage (UHC) BPJS Kesehatan Tahun 2019. Demikian juga PDAM Tirta Nauli Sibolga meraih peringkat terbaik II se Indonesia, ditambah lagi dengan prestasi-prestasi lainnya. Untuk itu kami menyambut baik atas terverifikasinya Kota Sibolga sebagai Kota Sehat tahun 2019 untuk tingkat nasional,” ujar Syarfi.

Syarfi juga menegaskan bahwa tujuan dari penilaian yang dilakukan oleh tim verifikasi guna melihat peran serta masyarakat dan perubahan pola pikir masyarakat. “Yang paling utama itu adalah adanya perubahan pola pikir pada masyarakat, jadi bukan sebatas juara. Dan alangkah eloknya pula, mendapat juara dan terjadi perubahan pola pikir masyarakat,” tandasnya. (rb)

iklan usi



Back to top button