Berita

Sibolga Nol Covid-19

FaseBerita.ID – Wanita berinisial AJ, satu-satunya pasien positif Covid-19 yang tersisa di Kota Sibolga, akhirnya dinyatakan sembuh sejak Selasa (5/8) lalu. Sebelumnya ia menjalani perawatan selama empat minggu.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Sibolga, Firmansyah Hulu mengatakan, pasien berusia 69 tahun itu dinyatakan sembuh berdasarkan hasil test Polymerase Chain Reaction (PCR) di Rumah Sakit Martha Friska, Medan, tempat AJ dirawat.

“Alhamdulillah kami dapat kabar kemarin, pasien terakhir kita ibu AJ dinyatakan sembuh. Kota Sibolga yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 12 orang, untuk saat ini daerah kita nol kasus,” ujar Firmansyah di kantornya, Kamis (6/8).

Diketahui, kepulangan AJ dari Kota Medan dijemput langsung oleh Gugus Tugas Sibolga bersama dengan pihak keluarga. “Beliau dijemput langsung oleh tim kita dari Puskesmas Aek Habil,” ungkapnya.

Sementara itu Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk menyambut kepulangan AJ yang telah dinyatakan sembuh dari virus corona itu. AJ pun disambut di kantor Walikota Sibolga, Kamis (6/8) sore. Hadir saat itu, Sekda M Yusuf Batubara, Kadis Kesehatan Firmansyah Hulu, Kadis Kominfo Binner Lumban Gaol dan pejabat lainnya.

“Kesembuhan AJ memastikan Sibolga saat ini nihil kasus positif Covid-19. Semua sudah negatif, dan sekarang Sibolga zero (nol) kasus positif Covid,” ucap Syarfi.

Menurut Syarfi, meskipun dinyatakan sudah sembuh AJ disarankan tidak melakukan aktivitas di luar rumah dan istirahat yang cukup selama 14 hari ke depan, serta mengomsumsi jenis makanan dan minuman sehat, guna menjaga ketahanan tubuh dari serangan penyakit. “Ibu AJ harus banyak istirahat dulu di rumah. Begitu saran dari dokter pihak rumah sakit,” ujar Syarfi.

Pada kesempatan itu, Syarfi juga kembali mengingatkan pentingnya mematuhi protokol kesehatan Covid-19, karena dengan cara tersebut, diharapkan warga Sibolga terlindungi dari penularan virus corona. “Kesadaran warga mematuhi anjuran Pemerintah itu sangat penting. Berdoalah kita, mudah-mudahan tidak ada lagi korban terjangkit Covid di Kota Sibolga,” tandasnya. (mis/rb)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button