Berita

Siantar Raih Penghargaan Kota Sehat

SIANTAR, FaseBerita.ID – Kota Pematangsiantar kembali mengukir prestasi. Tahun ini, kota dengan motto ‘Sapangambei Manoktok Hitei’ ini, meraih penghargaan sebagai Kota Sehat.

Kota Sehat adalah kondisi kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Kepala Dinas Kesehatan Pemko Pematangsiantar dr Ronald Saragih, Rabu (13/11/2019) menerangkan, di tahun 2019 ini Kota Pematangsiantar mengikuti penilaian Kota Sehat untuk penghargaan Swasti Saba.

“Penghargaan Swasti Saba itu suatu penghargaan yang diberikan setiap dua tahun sekali, yakni di tahun ganjil. Penghargaan itu diberikan kepada Kabupaten/Kota Sehat yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan,” terang Ronald.

Masih kata Ronald, Kota Pematangsiantar dalam mengikuti penilaian Kota Sehat berada pada taraf pemantapan dengan memilih dua tatanan, antara lain Kawasan Pemukiman, Sarana dan Prasarana Umum, serta Kehidupan Masyarakat Sehat dan Mandiri.

Diterangkan Ronald, pada 5-7 Agustus 2019 lalu, telah dilaksanakan verifikasi oleh Tim Verifikator dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan. Verifikasi dilakukan di Sekretariat Kota Sehat Pematangsiantar.

“Yang diverifikasi antara lain kelengkapan dokumen yang diperlukan serta struktur organisasi kelembagaan Kota Sehat,” jelasnya.

Tak hanya itu, sambung Ronald, juga dilakukan peninjauan ke lapangan. Peninjauan lapangan dilakukan ke bak sampah dan komposting di Kelurahan Tanjung Pinggir Kecamatan Siantar Martoba. Di sana ditinjau pengolahan daur ulang sampah dan pembuatan kompos. Kemudian ke Puskesmas Tomuan di Kelurahan Tomuan Kecamatan Siantar Timur. Ditinjau kegiatan penanganan Komunitas HIV dengan Klub Kopi Sedap.

Selanjutnya meninjau kegiatan Kader Jumantik dan Lansia di Puskesmas Parsoburan Kelurahan Sukamakmur, Kecamatan Siantar Marihat. Serta melihat kondisi dan lokasi septic tank komunal yang dijadikan lokasi taman bermain anak di Kelurahan Bantan Kecamatan Siantar Barat.

Lalu, memantau lokasi pemenang Lomba Kelurahan Lingkungan Bersih dan Sehat di Kelurahan Timbang Galung Kecamatan Siantar Barat. Kemudian, memantau Administrasi Sekretariat Pokja Kelurahan Sehat dan memantau persiapan Menuju Kelurahan ODF di Kelurahan Kristen Kecamatan Siantar Selatan.

“Terakhir, memantau lingkungan sekolah penerima piagam penghargaan Adiwiyata ‘Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan’, yaitu SMP Negeri 5 di Kelurahan Martimbang Kecamatan Siantar Selatan,” tambahnya.

Hasil verifikasi, lanjut Ronald, sesuai telegram dari Kementerian Dalam Negeri Nomor 080/12558/53 tanggal 08 November 2019, disampaikan Kota Pematangsiantar terpilih sebagai salah satu penerima penghargaan Swasti Saba. Penghargaan tersebut, katanya, akan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan, di kantor Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, Selasa (19/11/2019) mendatang.

“Yang diundang untuk menerima penghargaan tersebut yakni walikota yang didampingi Ketua Tim Pembina Kota Sehat dan Ketua Forum Kota Sehat,” tambah Kabag Humas dan Protokoler Pemko Pematangsiantar Hamam Sholeh. (Mag-04/rel)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close