Berita

SERASI Tepati Janji Kampanye Bantu UKM di Ketapang

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Setelah berhasil duduk sebagai Walikota dan Wakil Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk dan Edi Polo Sitanggang ternyata masih ingat dengan janji politiknya pada saat kampanye Pilkada lalu. Di Ketapang, Kelurahan Sibolga Ilir, Kecamatan Sibolga Utara, pasangan SERASI (Sepakat Syarfi-Edi) ini merealiasi janjinya kepada para pengusaha UKM (Usaha Kecil Menengah), khususnya kaum ibu-ibu.

Melalui Dinas UKM dan Ketenagakerjaan, Pemko Sibolga menyerahkan bantuan sebesar Rp30.000.000 kepada Koperasi Mawar Mandiri Sibolga, tempat para pengusaha UKM bernaung. Penyerahan uang tunai tersebut dilakukan pada saat peresmian Kantor Sekretariat Koperasi, Rabu (27/2).

Ketua Koperasi, Parulian Sihotang dalam keterangan persnya menjelaskan dasar pembentukan Koperasi tersebut. Salah satunya, sesuai dengan hasil rapat pembentukan pada 14 Agustus 2018 dan akte pendirian koperasi nomor 17 tertanggal 6 September 2018. “Kemudian, Keputusan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 009860/BH/M.KUKM.2/X/2018 dan yang terakhir, sesuai dengan hasil rapat kerja pertama koperasi tersebut pada 20 Februari 2018 tentang pembentukan panitia peresmian,” jelas Parulian.

Sekilas, dia menjelaskan tujuan pembentukan Koperasi terhadap perekonomian masyarakat sekitar Kelurahan Sibolga Ilir. “Dibentuknya koperasi ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Sibolga khususnya para kaum ibu-ibu, pengusaha kecil dan menengah. Antara lain, usaha pedagang mie tek-tek, pedagang misop. Pedagang ikan asongan, tukang rebus ikan, usaha perikanan lainnya, jual rempah-rempah, sembako dan usaha salon,” tukasnya.

Tak hanya itu, dia juga menjelaskan bahwa pembentukan Koperasi tersebut merupakan gagasan dan permohonan dari masyarakat Sibolga Ilir, khususnya yang berpartisipasi mendukung pemenangan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota SERASI.

“Syarfi- Edi Polo saat ini telah menjabat sebagai Walikota dan Wakil Walikota periode 2016-2021. Mereka merespon positif dan memberikan bantuan uang tunai sebagai modal awal sebesar 30 juta,” pungkasnya.

Pada peresmian dan pengguntingan pita kantor Sekretariat Koperasi Mawar Mandiri Sibolga dihadiri oleh Kepala Dinas UKM dan Ketenaga Kerjaan, Junifati Ziliwu, pengurus koperasi, serta masyarakat sekitar. Ada juga, yang mewakili Tokoh Adat dan Tokoh Agama.

Adapun jumlah pengurus koperasi Mawar Mandiri Sibolga berjumlah 26 orang. Dan Koperasi tersebut bersifat umum, siapa saja berhak untuk meminjam atau menjadi anggota. “Adapun anggaran dasar dan anggaran rumah tangga koperasi Mawar Mandiri Sibolga antara lain simpanan pokok 50 ribu dalam 1 tahun, simpanan wajib 25 per bulan, modal awal yang dioperasikan sebesar 50 juta, pembagian sisa usaha 20 persen untuk dana cadangan. 30 persen untuk anggota berdasarkan simpanan, 20 persen untuk anggota berdasarkan jasa usahanya, 15 persen untuk pengurus, 5 persen untuk badan pengawas, 7 persen untuk dana sosial, 5 persen untuk dana pendidikan, 3 persen untuk daerah koperasi,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk melalui Kadis UKM dan ketenaga kerjaan kota Sibolga mengatakan bahwa koperasi Mawar Mandiri Sibolga merupakan salah satu koperasi barometer atau acuan buat masyarakat Sibolga dan Tapteng. “Karena anggotanya 99 persen adalah kaum ibu. Hal ini perlu tetap dipertahankan dan yakin koperasi Mawar Mandiri Sibolga akan maju pesat dikemudian hari. Nik koperasi Mandiri Mawar Sibolga, 1271010030005, yang berkantor di jalan Ketapang, Kelurahan Sibolga Ilir, telah terdaftar secara sah dan mempunyai legalitas sebagai koperasi yang bersifat umum. Telah berhak untuk beroperasi dan menjalankan tugasnya sabagaimana koperasi lainnya,” Kata Junifati.

Amatan, usai acara peresmian, warga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Walikota dan Wakil Walikota Sibolga yang telah merealisasikan janjinya saat Pilkada yang lalu. “Sehingga kami bisa terbantu melalui penambahan modal masing-masing usaha. Namun berharap kepada Walikota agar tetap memperhatikan kesinambungan koperasi Mawar Mandiri Sibolga ini kedepan,” kata Bendahara Koperasi, Hermina Simamora didampingi Wakil Bendahara Dortani Lumban Gaol dan pengurus lainnya. (ts)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close