Berita

Sepekan Pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2019 di Sibolga: 195 Pengendara Ditilang

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Sepekan sudah pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2019. Dari 195 jumlah pelanggaran yang ditilang oleh Satuan Lalu Lintas Polres Sibolga, ternyata pengendara sepedamotor yang tidak menggunakan helm saat berkendara masih mendominasi dari pelanggaran lainnya, yakni sebanyak 102 kasus.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hariandja, melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin, Rabu (30/10/2019). Sementara, untuk pelanggaran tidak dapat menunjukkan surat-surat kendaraan berjumlah 93 kasus.

“Rekapitulasi pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2019 sejak tanggal 23 Oktober sampai dengan 29 Oktober 2019. Jumlah kendaraan yang kita tilang sebanyak 230. Sedangkan, teguran sebanyak 70. Totalnya menjadi 300. Jenis pelanggaran Lalu Lintas untuk kendaraan roda 2, yang tidak menggunakan helm SNI sebanyak 102. Yang tidak dilengkapi surat surat sebanyak 93. Totalnya jadi 195,” terang Sormin.

Untuk pelanggaran kendaraan roda 4 ada sebanyak 35 kasus, diantaranya tidak.menggunakan sabuk pengaman dan tidak dapat menunjukkan surat-surat kendaraan. “Tidak gunakan sabuk pengaman/safety belt sebanyak 14, tidak dilengkapi surat-surat kendaraan 21. Jumlahnya jadi 35,” ungkapnya.

Sanksi yang diberikan terhadap pengendara, ada sebanyak 12 kendaraan yang ditahan. “SIM yang kita sita sebanyak 94, STNK 89. Ada juga yang kendaraannya kita sita sebanyak 12 unit,” tukasnya.

Menurut Sormin, masih ada 7 hari lagi pelaksanaan Operasi Zebra. Dihimbau kepada seluruh pengendaraan agar mematuhi peraturan berlalu lintas.

“Pengemudi tidak diperbolehkan menggunakan handphone saat mengemudikan kendaraan. Tidak boleh melawan arus dan bagi pengemudi roda dua, agar tidak berboncengan lebih dari satu orang. Kemudian, jangan mengemudikan kenderaan bagi yang usianya masih dibawah umur. Pengemudi dan penumpang sepeda motor harus menggunakan helm SNI. Pengemudi kenderaan bermotor agar tidak mengkonsumsi narkoba dan minuman keras dan pengendara jangan mengemudikan kenderaan melebihi batas kecepatan yang telah ditentukan,” pungkasnya. (ts/osi)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close