Berita

Separuh Warga Lapas Salambue Tak Mencoblos

FaseBerita.ID – Dari 765 warga binaan di Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Kelas IIB Salambue, diketahui hanya 315 orang yang menyalurkan hak suaranya. Selebihnya tidak mencoblos dikarenakan, surat suara yang kurang dan tidak masuk dalam DPT Pemilu 2019 di wilayah Kota Padangsidimpuan.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Salambue Haposan Silalahi mengatakan, ia membenarkan adanya kekurangan surat suara di Lapas Kelas IIB Salambue yang dipimpinnya tersebut.

“Ada kekurangan 84 surat suara,” ujarnya, Rabu (17/4) dan menyebut ada Dua TPS (002 dan 003) yang disiapkan pihak KPU di Lingkungan Lapas.

Menurutnya, penghuni lapas saat ini sebanyak 765 orang, dan oleh KPU setempat menetapkan DPT 399 orang. “Dan jumlah kertas suara yang tersedia hanya sebanyak 315. Artinya ada kekurangan 84 kertas suara,” terangnya.

Untuk mengatasi kekurangan 84 kertas suara ini, tambahnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan penyelenggara.

Dia menegaskan, pencoblosan akan tetap dilakukan kalau kekurangan 84 surat suara ini tersedia.

Pantauan di lapangan, sebanyak dua tempat pemungutan suara (TPS) yakni TPS 02 dan TPS 03 disediakan di Lapas Salambue. Sedangkan warga binaan tampak antusias untuk menyalurkan hak pilihnya, hal itu terlihat dari silih bergantinya warga binaan yang datang ke TPS untuk mencoblos dan mendapat pengawalan dari pihak Lapas dan petugas keamanan. (yza)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button