Berita

Senin Besok, 35 Anggota DPRD Tapteng Dilantik

FaseBerita.ID – Sebanyak 35 anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) periode 2020-2025 akan dilantik dalam Rapat Paripurna Istimewa di Gedung Olahraga (GOR), Jalan FL Tobing, Pandan, Senin (17/2).

Dengan pelaksanaan rapat paripurna tersebut, masa kerja anggota DPRD periode 2015-2020 akan dinyatakan berakhir.

Sekretaris DPRD Tapteng Anton Sujarwo mengatakan, pelantikan dan pengukuhan akan digelar pada pukul 09.00 WIB, ditandai dengan pembukaan rapat oleh ketua DPRD Tapteng Antonius Hutabarat, selanjutnya pengucapan dan penandatanganan sumpah dan janji yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Sibolga Martua Sagala.

Serah terima jabatan pimpinan DPRD dari pimpinan lama kepada pimpinan sementara, serta penyerahan palu serta buku memori menjadi agenda terakhir dari pelaksanaan Rapat Paripurna.

Anton menjelaskan, setelah rapat paripurna dibuka dan pengucapan janji, anggota DPRD lama dapat meninggalkan kursinya. Lalu anggota baru akan mengisi kekosongan tersebut. Pengukuhan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumut tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah masa jabatan 2015-2020, dan Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli masa jabatan 2020-2025.

Terkait pengamanan dan kesuksesan Rapat Paripurna, Anton menyebutkan telah berkoordinasi dengan pihak Polri dan TNI. Dipastikan, personel kepolisian dan TNI akan diterjunkan untuk mengamankan jalannya pelantikan.

“Kita sudah koordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI untuk pelaksanaan pengamanan,” kata Anton di sela-sela pelaksanaan gladi resik rapat paripurna, Sabtu (15/2) lalu.

Sementara itu Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Sukamat melalui Paur Humas Polres Tapteng Ipda J Sinurat menegaskan kesiapan pihak kepolisian dalam pengamanan rapat paripurna. Namun secara spesifik Ipda J Sinurat tidak menyebutkan jumlah personil yang akan disiagakan dalam kegiatan tersebut.

“Polres Tapteng siap melakukan pelayanan yang terbaik untuk masyarkat. Pengamanan akan dilakukan dengan cara terbuka dan tertutup,” ujarnya melalui pesan tertulis.

Informasi yang dihimpun dari Bagian Keprotokoleran Sekretariat DPRD Tapteng, staf khusus Menteri Pertahanan RI Dahnil Anzar Simanjuntak akan menghadiri acara pelantikan dan peresmian anggota DPRD Tapteng periode 2020-2025.

Dari tatib acara yang dibacakan saat pelaksanaan gladi resik, nama mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah itu tersebutkan.

Sebagaimana diketahui, sesuai dengan Surat Keputusan KPUD Tapteng Nomor 111/PL.01.9-Kpt/1201/KPU-Kab/VIII/2019, tentang perolehan kursi hasil Pemilu Legislatif tahun 2019, Partai NasDem memperoleh 14 kursi. Disusul PDI Perjuangan dan Partai Golkar 4 kursi. Partai Gerindra, Perindo dan Partai Demokrat 3 kursi.

Sementara PKS, PAN 1, Partai Hanura dan PBB masing-masing mendapatkan 1 kursi.

Dari hasil tersebut, Partai NasDem yang pada Pemilu tahun 2014 hanya meraih 1 kursi, berhasil merajai perolehaan kursi DPRD Tapteng. Partai besutan Surya Paloh itu melejit menjadi kampium dengan 40 persen perolehan kursi.

Sementara Partai Perindo, parpol yang baru mewarnai kancah perpolitikan tanah air berhasil meloloskan 3 wakilnya, sejajar dengan Partai Demokrat dan Partai Gerindra.

Enam Parpol peserta Pemilu 2019 dipastikan tidak mempunyai wakilnya di DPRD Tapteng. Partai tersebut adalah Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Garuda, Partai Berkarya dan Partai Persatuan dan Keadilan Indonesia.

Berikut 35 anggota DPRD Tapteng periode 2020-2025; Saparuddin Simatupang (Gerindra), Willy Saputra Silitonga (PDIP), Agus Fitriadi Panggabean (Golkar), Tunggul Siregar (Demokrat), Syahrun Pasaribu (NasDem), Emma Erwani (NasDem), Indra Utama Siagian (PKS), Parohon Tambunan (Perindo), dan Suhendra (PBB).

Kemudian Weski Omega Simanungkalit (PDIP), Madayansyah Tambunan (Gerindra), Desmar Elfa Harefa (Golkar), Khairul Kiyedi Pasaribu (NasDem), Josmen Sitohang (NasDem), Imam Syafti Simatupang (NasDem), Ikrar Dinata Sihombing (PAN), dan Herbinsar Sitanggang (Demokrat).

Kemudian, Sihol Marudut Siregar (PDIP), Nelli Gustia Matondang (Golkar), Ahmad Rivai Sibarani (NasDem), Roi Paska Sarumpaet (NasDem), Darma Anjar (NasDem), Adhitia Melfan Tanjung (NasDem), Amian Marpaung (NasDem), Chalres Tinambunan (Perindo) dan Umbal Pasaribu (Hanura).

Lalu, Aswar Efendy Simanullang (Gerindra), Camelia Neneng Susanty PDIP), Amran Marbun (Golkar), Josua Maruduttua Habeahan (Nasdem), Elfride Januarti Simanungkalit (NasDem), Khairansah Hutauruk (NasDem), Rinaldi Panggabean (Perindo), Marasihot Situmeang (NasDem), dan Wansono Hutagalung (Demokrat). (ztm)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button