Berita

Selundupkan 80 Kg Sabu 100 Butir Pil Ekstasi: 6 Warga Asahan-Tanjungbalai Terancam Hukuman Mati

FaseBerita.ID – Tujuh terdakwa sindikat penyelundup narkotika berupa 80 kilogram sabu dan 100 ribu butir pil ekstasi menjalani persidangan perdana di Pengadilan Negeri (PN) Kisaran, Rabu (11/12). Masing masing mereka ini 3 warga Asahan, 3 orang warga Tanjungbalai dan 1 Orang warga Medan.

Sebelumnya, ketujuh sindikat narkotika yang ditangkap Badan Narkotika Nasional (BNN) pusat ini disidangkan secara pada dua ruangan terpisah. Terdakwa Adi Putra Sari alias Tyson (warga Tanjungbalai), Ardiansyah alias Yun (Tanjungbalai), Nazaruddin Manurung alias Nazar (Asahan) dan Zul AB alias Zul (Asahan) menjalani sidang di ruang Cakra Utama dan dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Nelson Angkat.

Sedangkan Amiruddin alias Ami (Warga Medan), Tarmizi alias Tar (Tanjungbalai) dan Hanafi alias An (Asahan) disidangkan oleh majelis hakim yang dipimpin Ulina Marbun.

“Para terdakwa, masing-masing dalam perkara ini kami dakwakan melanggar Pasal Primairnya yaitu Pasal 114 ayat 2 jo Pasal 132 Undang-undang RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan Subsidair Pasal 112 ayat 2 jo Pasal 132 Undang-undang RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika,” jelas Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Asahan, Jan Maswan Sinurat.

Disebutkan Jan, bahwa ancaman dari pasal yang JPU terapkan kepada para terdakwa yaitu hukuman maksimalnya berupa hukuman mati. “Sidang selanjutnya akan menghadirkan saksi dari BNN Pusat, tanggal 6 Januari nanti,” ucapnya.

Sebelumnya menurut data sistim penelusuran perkara di PN Kisaran, tujuh orang terdakwa kurir sabu sabu seberat 81 Kg dan 100 ribu pil ekstasi ini ditangkap oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) pusat beberawa waktu lalu di Kabupaten Batubara dan Asahan pada tanggal 2 Juli 2019 lalu.

Para terdakwa ini terlibat penyeludupan Narkoba asal luar negeri, 81.862,6 Gram SS yang dikemas dalam 70 bungkus teh asal Cina, serta 20 bungkus berisi 102.657 butir ekstasi yang disimpan dalam empat buah ban mobil yang rencananya akan dibawa ke Medan. (per/rah)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close