Berita

Seleksi Panwascam Labura Pakai Sistem CAT: Bawaslu Siapkan 40 Unit Komputer

LABURA, FaseBerita.ID – Seleksi penerimaan anggota panitia pengawas pemilihan kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) dilakukan berbeda dari tahun sebelumnya. Pada tahun ini, penerimaan akan menggunakan sistem computer assisted test atau CAT. Sistem baru ini untuk menjaga integritas dan objektivitas badan pengawas pemilu dalam melakukan seleksi.

Untuk mendukung seleksi tersebut, Bawaslu Labura mempersiapkan komputer sebanyak 40 unit. Komputer itu diuji coba di SMK 3 Muhammadiyah Kecamatan Kualuh Hulu, Aek Kanopan Kabupten Labura, Senin (9/12).

“Sebanyak 40 unit komputer disiapkan untuk ujian tes kepada 92 calon panwascam yang telah lulus administrasi. Ujian akan dilaksanakan pada Jum,at (13/12) di Sekolah Muhammadiyah 3 Aek Kanopan. Ujian dilaksanakan sebanyak 3 gelombang dalam satu hari. Hasilnya juga akan diketahui yang bersangkutan langsung setelah selesai ujian,” ujar Ketua Bawaslu M Yusuf.

Dikatakan Yusuf, komputer yang disiapkan itu telah dilakukan pengujian dengan jaringan 100 Mbps, dari 92 yang lulus administrasi akan diseleksi melalui ujian online dan wawancara untuk diambil sebanyak 24 orang panwascam, yang kemudian disebar ke-8 kecamatan di Labura, jadi dalam 1 kecamatan Komisioner Panwascam nantinya ada 3 orang.

Yusuf menjelaskan bahwa ujian online ini dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi socratif. Menurut nya, penggunaan teknologi informasi dalam pelaksanaan tahapan ujian ini sangat penting dalam rangka menjaga transparansi dan integriritas proses pembentukan Panwaslih Kecamatan.

“Nanti begitu peserta selesai ujian dan mengklik “finish” maka hasil nilai ujian dari peserta yang bersangkutan akan segera diketahui. Berapa jawaban yang benar dan berapa yang salah. Usai ujian, wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 14,15 dan 16 Desember 2019 yang di rencanakan bertempat di Hotel Anugerah,” tandas Yusuf. (st/rah)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button