Berita

Seleksi KPPS Memasuki Tahapan Wawancara, Tes Motivasi dan Kemampuan Kepemiluan

TAPTENG, FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Pinangsori, melaksanakan tahapan akhir perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu serentak tahun 2019, yakni tes wawancara.

Tes wawancara dilaksanakan dari tanggal 21 Maret hingga 26 Maret 2019. Sebanyak 448 anggota KPPS akan direkrut yang akan bertugas 64 TPS, yang tersebar di 5 kelurahan dan 5 desa yang ada di wilayah Kecamatan Pinangsori.

Ketua PPK Kecamatan Pinangsori, Deny Sanjaya menyebutkan, pembentukan KPPS kali ini dilaksanakan secara terbuka. Artinya, KPPS tidak lagi berdasarkan rekomendasi lurah ataupun tokoh masyarakat. Calon anggota KKPS mendaftar kepada PPS dan dilakukan pengujian teori dan wawancara mendalam tentang motivasi dan kemampuan kepemiluan.

“Untuk menjadi anggota KPPS harus memiliki integritas, kapasitas kompetensi, kemandirian, jujur dan adil. Juga tidak menjadi anggota Parpol paling kurang dalam lima tahun terakhir, dan belum pernah dua periode menjadi anggota KPPS,” sebut Deni, Kamis (21/3).

Persyaratan lain sambung Deny, calon anggota KPPS harus berusia paling rendah 17 tahun, pendidikan SMA atau sederajat, sehat jasmani dan rohani. Termasuk tidak pernah dijatuhi hukuman pidana yang berkekuatan hukum tetap dengan ancaman paling rendah lima tahun.

Amatan NEW TAPANULI, ratusan warga tua dan muda mengikuti tes wawancara di Kantor Lurah Pinangsori, Untuk Kelurahan Pinangsori terdapat 20 TPS, dengan artian membutuhkan 140 orang petugas TPS nantinya.

Sementara itu Ketua PPS Kelurahan Pinangsori, Saruddin Tarihoran menjelaskan bahwa saat ini mereka melakukan seleksi wawancara bagi pelamar KPPS yang lolos administrasi. “Iya, saat ini di kelurahan Pinangsori yang lolos administrasi sebanyak 197 orang, dan nanti yang akan kita ambil 140 orang,” tukasnya. (ztm/osi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button