Berita

Seleksi CPNS 2019: Tenaga Pendidik Masih Prioritas

FaseBerita.ID – Pemerintah akan kembali membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini. Rencananya seleksi CPNS akan dilakukan pada akhir tahun mendatang.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan mengatakan, untuk saat ini belum ditentukan berapa jumlah formasi yang akan dibuka pada tahun ini. Namun diperkirakan tenaga kesehatan dan pengajar masih akan menjadi prioritas.

Sebagai gambaran, jumlah PNS seluruh Indonesia sendiri hingga akhir tahun lalu mencapai 4,1 juta. Jumlah tersebut sudah termasuk tenaga CPNS yang baru saja masuk.

Dari jumlah PNS seluruh Indonesia 71,19% merupakan tenaga pendidik. Sementara 14,15% merupakan tenaga kesehatan.

Meskipun secara presentase cukup besar, namun tenaga pendidik ini didominasi oleh kelompok usia 46-60 tahun. Sementara yang berada di usia 26-45 tahun (golongan kerja) masih sangat minim sekali.

Sementara sejumlah 300.000 tenaga guru yang berada pada kelompok usia 56 – 60 tahun akan mencapai batas usia pensiun (BUP) dalam jangka lima tahun ke depan, Kemudian diikuti dengan kelompok usia 46 – 55 tahun pada lima tahun mendatang.



Pascasarjana

Unefa
1 2 3Laman berikutnya
Back to top button