Berita

Sehari Setelah Anak Bungsu Meninggal, Rumah Terbakar

FaseBerita.ID – Rumah peninggalan keluarga yang didiami Pantun Pardede dan anaknya, Senin (30/3) siang, hangus terbakar. Padahal, rumah itu masih dalam suasana berduka. Anak bungsunya yang masih berusia 6 tahun meninggal karena Demam Berdarah Dengue (DBD) sehari sebelumnya, Minggu (29/3).

Pagi itu sekitar pukul 09.30 WIB, rumah ini disambangi petugas fogging dari dinas kesehatan, dengan membawa alat fogging, guna mengusir nyamuk yang membawa wabah DBD. Petugas itu kemudian melakukan penyemprotan secara mengitari rumah.

Selanjutnya masuk ke dalam, juga melakukan penyemprotan. Namun tak lama berselang, di antara asap fogging yang mengepul, ada muncul api yang kemudian melalap setiap bagian rumah permanen di Jalan Nusa Indah, Kelurahan Wek V, Kecamatan Padangsidimpuan, Kota Padangsidimpuan ini.

Api pun berkobar. Petugas pemadam kebakaran pun dengan cepat turun dan berupaya memadamkan, mengantisipasi api menjalar ke bagian rumah lainnya di permukiman yang rapat dan berdempet satu sama lainnya itu. Rumah ini juga tepat berada di belakang rumah dinas Kapolres Tapanuli Selatan, AKBP Irwa Zaini Adib.

Menurut Nikmat Siregar, seorang keluarga korban, mereka berada di luar rumah saat fogging dilakukan.

Suasana berduka, tidak ada aktivitas apapun di rumah, memasak atau menyalakan peralatan berkaitan dengan listrik. Bahkan saat itu sakelar meteran sedang dimatikan.

“Ada teratak kita di sana. Karena fogging itu kan, kami sebenarnya sudah peringatkan waktu fogging itu kan asap (putih) nya, bercampur sama asap hitam. Ada asap hitam itu, kami bilang kami kira itu ada api kalau kayak gitu. Malah lurah juga bilang yang namanya fogging pasti ada asap,” ceritanya.

Dan benar saja, tak lama kemudian api sudah membesar, dan petugas kesehatan yang melakukan fogging sudah keluar dari rumah. Hingga rumah tersebut jadi ludes.

“Polisi juga sudah membawa tabung gas, tabungnya masih bagus, kompor gas, sama satu batang kayu yang terbakar dari rumah ini,” cerita Nikmat.

Penyebab kebakaran itu sendiri masih dalam penyelidikan kepolisian. Kasat Reskrim Polres Kota Padangsidimpuan AKP Bambang Herianto Tarigan juga menuturkan, saat ini polisi juga masih melakukan pemeriksaan terhadap petugas yang melakukan fogging.

“Masih dilakukan pemeriksaan,” tanggapnya. (san)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button