Berita

Sehari Belajar di Luar Kelas

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Hari ini, Kamis (7/11/2019) seluruh pelajar mulai dari PAUD hingga SMA se-derajat di Kabupaten Simalungun akan menggelar kegiatan sehari belajar di luar kelas untuk mewujudkan sekolah ramah anak.

Plt Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Simalungun Uli Purba, Rabu (6/11/2019) mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan serentak se-Indonesia.

“Kegiatan sehari belajar di luar kelas kali ini diadakan serentak di seluruh tanah air se-Indonesia,” ujarnya.

Uli Purba menerangkan kegiatan tersebut adalah program Kementerian PPPA. Tetapi pelaksananya adalah Dinas Pendidikan yang memiliki peserta didik di sekolah.

“Pelaksanaan sehari belajar diluar kelas juga merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk memperingati hari anak internasional yang jatuh pada tanggal 20 November setiap tahunnya,” terangnya.

Waktu kegiatan sehari belajar di luar kelas telah ditentukan minimal 3 jam di ruang terbuka dimulai pukul 07.00 WIB-pukul 10.00 WIB, lokasi tetap di lingkungan sekolah masing-masing.

“Sehari belajar di luar kelas ini merupakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan menjadi salah satu strategi percepatan cakupan Sekolah Ramah Anak (SRA),” sebutnya.

Uli Purba memaparkan ada 17 agenda dalam kegiatan sehari belajar diluar kelas yang akan dilaksanakan yakni menyambut siswa dengan senyum, sapa, salam (3S) dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Cuci tangan sebelum makan. Berdoa bersama sebelum makan. Sarapan sehat bersama yang disiapkan oleh orangtua. Berdoa setelah makan. Cuci tangan setelah makan.

Memeriksa lingkungan, menyingkirkan tanaman, barang atau hal-hal yang membahayakan anak. Mematikan lampu, peralatan listrik yang tidak diperlukan dan mematikan kran air yang terbuka.

Membaca buku di luar kelas. Simulasi evakuasi bencana dalam lagu dan gerak. Senam Gerakan masyarakat sehat (Germas). Permainan tradisional.

Tepuk Hak Anak dan Yel-Yel Sekolah Ramah Anak. Deklarasi Sekolah Ramah Anak.

Pelantikan tim Sekolah Ramah Anak dan penutupan dengan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar.

“Tujuan kegiatan sehari belajar di luar kelas dilakukan untuk menjadikan sekolah di Kabupaten Simalungun seluruhnya menjadi sekolah ramah anak serta untuk menciptakan anak yang penuh dengan kesopanan, ramah dan tidak ada lagi kekerasan disekolah,” pungkasnya.

Kadis Pendidikan Simalungun Elfiani Sitepu melalui Sekretaris Parsaulian Sinaga membenarkan kegiatan tersebut. Ia mengatakan seluruh sekolah telah siap untuk melaksanakannya.

“Sesuai instruksi Bupati Simalungun, semua sekolah harus melaksanakan kegiatan untuk menerapkan sekolah ramah anak serta mendorong anak berperilaku hidup bersih dan sehat, mendukung budaya dan cinta tanah air,” ucapnya. (mag-05/des)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close