Berita

Sebelum Meninggal, Sempat Pura-pura Tenggelam

Ada Cerita tentang Wanita Penunggu Batu Marsagi

SIBOLGA, FaseBerita.ID– Julham (17) remaja yang tewas tenggelam di dermaga milik Pertamina Sibolga telah dikebumikan. Namun, di balik kematian warga Pulo Rembang, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota , tersebut, ada cerita yang beredar di tengah-tengah masyarakat.

Masyarakat mempercayai, dermaga tersebut punya penunggu, sesosok makhluk gaib berwujud seorang wanita. Makhluk gaib tersebut dikabarkan kerap menampakkan diri di sekitar Batu Marsagi dan Batu Petak-petak, begitu sebutan warga sekitar terhadap bangunan bekas dermaga tua yang berada tidak jauh dari dermaga Pertamina.

Dari hasil penelusuran awak media, cerita tersebut ternyata dibenarkan oleh teman-teman Julham, yang bersamanya di dermaga tersebut sebelum ajal menjemputnya.

Almarhum sering menceritakan kepada teman-temannya tentang sosok wanita mistis di dermaga tersebut, yang sudah menjadi teman akrab Julham.

Bahkan, sebelum ditemukan tewas, almarhum sempat pamit kepada teman-temannya, hendak ke Batu Marsagi untuk menemui teman mistisnya tersebut.

Putri (16) salah seorang teman Julham yang menjadi saksi insiden naas tersebut, ditemui di Pulo Rembang bersama empat temannya yang lain mencoba menceritakan tentang sosok wanita mistis tersebut.

“Awalnya kami foto-foto, setelah itu kami pergi ke Dermaga Pertamina mandi-mandi. Terus, dia minta ikut mandi dan kami melarang, jangan ikut kau nanti kumat lagi sakitmu. Terus katanya (Julham), sudah sembuh aku, gak sakit lagi aku. Setelah kami lompat ke air, dia juga ngikut lompat ke air, dekat Batu Marsagi. Katanya, ada kawanku cewek di Batu Marsagi,” kata Putri mengawali ceritanya.

Padahal, saat itu sekira pukul 14.30 WIB, tidak ada seorangpun di Batu Marsagi tersebut.

Namun, karena mereka sudah sering mendengar cerita tentang wanita mistis tersebut dari Julham, merekapun tidak berkomentar banyak. “Bisa dia (Julham) melihat makhluk gaib. Sudah sering dia ceritakan itu, tentang wanita temannya itu,” ungkapnya diamini temannya yang lain.

Lanjut diceritakan Putri, saat berenang dari dermaga menuju Batu Marsagi, Julham sempat bercanda, pura-pura tenggelam. “Pas sedang berenang, dia sesak nafas lalu mau kami tolong, gak usah tolong aku, ecek-ecekku nya itu katanya. Setelah itu, cakap kotor dia sama kami, lalu kami melihat ke belakang gak ada lagi dia,” terang Putri.

Setelah mereka tiba dan naik ke Batu Marsagi, mereka baru sadar kalau Julham benar-benar tenggelam. “Kawan kami bertanya, mana si Julham, kami lihat dia sudah gak nampak,” ketusnya.

Cerita Mistis tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Lingkungan setempat, Muar Nauli Simatupang.

Menurutnya, sosok penunggu Batu Marsagi tersebut sudah sering mengganggu warga sekitar. “Memang ada penunggunya itu, perempuan. Pernah juga anak-anak ditemukan tenggelam, dia juganya itu,” kata Muar Nauli.

Diketahui, Batu Marsagi berada persis disebelah kiri dermaga. Ukurannya kecil dan kondisinya sudah miring dan rusak. Sementara, Batu Petak-petak berada di sebelah kanan dermaga. Terdiri dari beberapa bagian yang juga sudah mengalami kerusakan.

Percaya atau tidak percaya, cerita ini merupakan pengakuan almarhum kepada temannya, yang sering diungkapkan saat mereka bermain di sekitar dermaga.(ts)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button