Berita

Sebelum Debat Terakhir, Capres dan Cawapres Diminta Ikuti 3 Tips Sehat Ini

FaseBerita.ID – Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 dan 2 akan mengikuti debat pamungkas atau debak terakhir pada 13 April 2019. Tentu kedua calon harus siap fisik dan mental menghadapi berbagai pertanyaan panelis.

Belum lagi, masing-masing calon pasti lelah menjalani kampanye terbuka selama ini. Supaya tetap prima, baik pasangan nomor urut 1, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, diberikan tips sehat oleh dokter.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB yang juga Ahli Endoskopi Gastrointenstinal memberikan tips untuk kedua calon.

Dia berharap masing-masing calon bisa tampil optimal pada debat putaran terakhir. Yakinkan pada masyarakat bahwa masing-masing merupakan kandidat yang tepat untuk dipilih dan pantas memimpin negara besar ini.

“Saya melihat bahwa bisa jadi lelah fisik dan psikis yang memungkinkan kedua capres tidak memanfaatkan waktu optimal,” katanya.

1. Minum Air Putih dan Relaksasi
Kedua calon diminta minum air putih yang cukup untuk terhidrasi. Lalu menarik napas panjang atau relaksasi sesaat bisa membuat pikiran kembali fresh dan bisa memanfaatkan waktu secara optimal.

2. Pola Makan Tepat
Diet yang tepat sebelum tampil. Sebaiknya menghindari diet tinggi karbohidrat. Lebih baik banyak mengonsumsi protein khususnya dari ikan, ayam atau putih telur, serta banyak mengonsumsi buah dan sayur. Bahkan dr. Ari menyarankan agar di hari debat masing-masing calon sudah buang air besar.

3. Hindari Kafein
Menghindari kopi atau teh yang juga mengandung kafein agar nyaman di atas panggung saat berdebat. Pasalnya teh dan kopi juga bisa merangsang buang air kecil. (jpg)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button