Berita

Saya Segar Tanpa Asap Rokok

FaseBerita.ID – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Sirandorung, Tapanuli Tengah, menggelar sosialisasi implementasi kawasan tanpa rokok. Kegiatan dilaksanakan berlangsung di Aula Abdi Praja Kantor Camat Sirandorung, Selasa, (24/9/2019) lalu.

Marsinta Une Sarumpaet AmKeb selaku moderator membacakan tata tertib acara dengan pemateri Andriani Syam Am.Keb.

Kegiatan implementasi kawasan tanpa asap rokok dengan mengusung thema ‘Saya Segar Tanpa Asap Rokok’ juga dihadiri kepala desa dan lurah se Kecamatan Sirandorung.

Kepala Puskesmas Sirandorung Hengki Habayahan SKM dalam paparannya menyampaikan, kegiatan implementasi kawasan tanpa rokok memiliki dasar hukum Undang-undang No 36 tahun 2009 tentang kesehatan, Undang-undang nomor 32 tahun 2010 tentang larangan merokok, dimana dalam pasal 4 disebutkan bahwa setiap orang berhak untuk bebas dari asap rokok karena asap rokok dapat membahayakan kesehatan.

Dia berharap penuh kepala desa dan lurah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya merokok, dalam ruangan kantor.

Ia juga menyampaikan agar para pegawai tidak merokok dalam ruangan sebagaimana dengan surat edaran Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani yang telah menerbitkan surat edaran nomor 130/1538/2017 tanggal 4 juli 2017 tentang larangan merokok di lingkungan perkantoran Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Plt Camat Sirandorung Tunggul Silalahi sangat merespon secara positif tentang kegiatan implementasi kawasan tanpa rokok yang digelar saat itu.

“Dengan adanya program dan arahan yang disampaikan pihak dinas kesehatan, diharapkan semua pihak, baik itu pemerintah, agar saling menjaga dan mengingatkan untuk tidak merokok di kawasan larangan, sebagaimana dalam penjabaran peraturan tersebut untuk dijalankan dengan semestinya,” katanya. (gp)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button