Berita

Saut Bangkit Purba: Pengawasan Distribusi Pupuk Bersubsidi Harus Ditingkatkan

RDP Dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Produsen Pupuk

MEDAN, FaseBerita.ID -Pemerintah dan stakeholder harusnya menjamin agar pendistribusian pupuk bersubsidi di Sumatera Utara tepat sasaran.Pengawasan harus ditingkatkan.

Hal tersebut dikatakan Saut Bangkit Purba, Anggota DPRD Sumut  saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) DPRD Sumut dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Sumut, PT PIM dan Petro Kimia Gresik, Selasa (3/3/ 2020) di DPRD Sumut, membahas tentang kebijakan pupuk bersubsidi di Provinsi Sumatera Utara.

Politisi Partai Demokrat ini mengkritisi mengenai penyaluran pupuk bersubsidi yang jauh dari harapan anggota kelompok tani, yang menjadi sasaran program.

Selain jumlah yang tidak sesuai kebutuhan petani serta sering langka, ketersediaan pupuk juga tidak tepat waktu yang dibutuhkan petani.

Usulan kebutuhan pupuk petani sesuai waktu dan jumlahnya yang disusun melalui RDKK, tidak tersedia tepat waktu. Akibatnya, saat petani membutuhkan pupuk, sering terjadi kelangkaan yang berakibat fatal bagi tanaman petani.

Kondisi yang selalu dikeluhkan petani, khususnya di Kabupaten Simalungun bahkan Kota Siantar, pupuk subsidi tidak tersedia di kios saat dibutuhkan.

Saut Bangkit Purba menyarankan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Produsen  penyalur pupuk, agar kembali membuat kajian mengenai penyaluran pupuk berdasarkan kebutuhan masyarakat dengan mengacu kepada luas lahan yang dimiliki masyarakat per Kabupaten. Sehingga pupuk yang disalurkan benar – benar bisa membantu masyarakat petani.

Saut Bangkit Purba juga mendesak Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3) serius mengawasi distribusi pupuk bersubsidi, agar pupuk bersubsidi distribusinya tetap sasaran dan tepat waktu.(rel/fi)

Unefa

Pascasarjana


Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close