Berita

Satu Unit Rumah Terbakar di Ujung Batu: Api Padam, Pemadam pun Tiba

PALAS, FaseBerita.ID – Satu unit rumah milik Ahmad Jais Nasution, warga Desa Ujung Batu, Kecamatan Sosa, Kabupaten Palas, terbakar, Sabtu (5/10/2019) sekira pukul 13.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun rumah semi permanen itu ludes, berikut satu unit sepedamotor dan alat-alat berjualan yang turut terbakar.

Informasi dihimpun dari warga setempat menyebutkan, api pertama kali diketahui berasal dari bagian depan rumah, yang terbuat dari bahan kayu dan papan.

Saat kebakaran terjadi, pemilik rumah Ahmad Jais Nasution, sedang berada di kebun sawitnya.

“Api pertama kali sepertinya dari depan rumah, yang terbuat dari bahan kayu dan papan. Kemudian dari bagian belakang rumah, asap terlihat mengepul dan membumbung tinggi,” sebut Umar Nasution, satu warga setempat.

Api sempat membesar dan membumbung tinggi. Lalu mulai merembet ke rumah yang ada di sebelah kanan dan kiri dari rumah yang terbakar.

“Makanya, warga mencari air beramai-ramai, memadamkan kobaran api,” ujar Sodikin Daulay, warga desa lainnya.
Abdul Rasyid Daulay, warga lainnya mengatakan, sumber penyebab kebakaran itu belum diketahui darimana asalnya. Namun diperkirakan akibat arus pendek.

“Pastinya belum tahu. Karena warga sempat panik sibuk memadamkan api yang diduga akibat korsleting arus pendek,” ujarnya.

Saat peristiwa itu, kata Rasyid, api dan asap sempat membesar menyelimuti rumah yang terbakar. Sambil menunggu unit Damkar yang sudah berkali-kali dihubungi, ratusan warga bergotong royong memadamkan kobaran api, yang mulai membesar.

“Nyaris mengenai rumah di sampingnya, tapi beruntung masih bisa diselamatkan,” sebut Rasyid.

Sayang, saat api sudah padam, satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkab Palas baru tiba di lokasi. Hal itu diduga akibat jarak tempuh yang cukup jauh, yakni butuh waktu 30 menit ke lokasi.

Hal itu dibenarkan Kabid Damkar Sulaiman. Hal itu disebabkan selain jarak tempuh yang lumayan jauh, kondisi mobil pemadam kebakaran juga butuh perhatian.

Dari dua unit damkar, satu di antaranya sedang rusak dan tidak bisa difungsikan.

“Kondisi dua unit mobil damkar terus dimaksimalkan. Saat ini satu sedang rusak. Hanya satu yang bisa kita kirim saat kebakaran terjadi,” kata Sulaiman.

Belum diketahui berapa kerugian akibat peristiwa ini. dan, masalah tersebut kini ditangani Polsek Sosa. (tan)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button