Berita

Satu Pasien Terpapar Covid-19 Asal Sibolga Sembuh

Dirawat Sejak 24 Juni di RSUD Tarutung

FaseBerita.ID – Seorang pasien terpapar Covid-19 asal Kota Sibolga berhasil sembuh usai dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarutung, Tapanuli Utara.

Pasien berinisial HL itu masuk tanggal 24 Juni lalu akibat keluhan yang diduga gejala Covid-19, dan berdasarkan rapid test reaktif dan dua kali menjalani swab test hasilnya positip.

Direktur RSUD Tarutung dr Janri Nababan didampingi dokter spesialis paru Yanti kepada wartawan, Jumat (10/7) membenarkan sembuhnya seorang pasien terpapar Covid-19 tersebut.

“Kita sudah nyatakan sembuh berdasarkan hasil test swab yang keempat dan selama 15 hari HL dirawat di ruang isolasi Munson Lyman,” kata Janri.

Namun, Janri berharap walaupun telah sembuh HL tetap melakukan isolasi mandiri. “Kita minta HL tetap melakukan isolasi mandiri,” pintanya.

Dengan keluarnya HL dari ruang isolasi, maka saat ini tinggal 6 Pasien yang masih menjalani isolasi di RSUD Tarutung. “Saat ini ada 6 pasien lagi dirawat, yakni 5 positif dan 1 PDP,” ungkapnya.

Selanjutnya, dokter spesialis paru Yanti mengatakan bahwa keenam pasien yang menjalani perawatan adalah warga luar Taput, yakni dua pasien ibu dan anak warga Kabubpaten Toba, dua warga Sibolga, di antaranya satu orangtua berusia 62 tahun dan satu lagi istri dari HL. Kemudian ada juga seorang warga Pangururan, Samosir, serta satu warga Humbang Hasundutan dengan status PDP (belum terkonfirmasi).

“Tadinya ada tujuh dan dengan sembuhnya HL maka pasien yang diisolasi dan menjalani perawatan tinggal 6 orang,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus positif Covid-19 di Sibolga bertambah satu lagi, sehingga menjadi tiga kasus. Pertambahan itu berasal dari seorang perempuan lanjut usia berinisial AG (69), warga Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga.

AG sebelumnya adalah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 dan dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum (RSU) Ferdinand Lumban Tobing (FL Tobing) Sibolga. Namun dia kemudian dinyatakan positif Covid-19 setelah hasil pemeriksaan sampel Swab Polymerase Chain Reaction (PCR)-nya keluar dari Klinik Laboratorium RSU Universitas Sumatera Utara (USU), Selasa (7/7) lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Sibolga Firmansyah Hulu yang juga Kordinator Penanganan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sibolga mengatakan, pasien AG tersebut sudah dirujuk ke RSU Martha Friska Kota Medan guna mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

“Pasien AG sudah diberangkatkan hari Rabu (8/7) lalu. Proses perujukan pasien awalnya ditolak oleh pihak keluarga, meskipun akhirnya menyetujui pasien dirujuk ke Medan. Hal itu usai dilakukan pendekatan dan pemahaman dari Gugus Tugas Covid-19 Sibolga,” kata Firman saat menyaksikan proses keberangkatan pasien AG ke RSU Martha Friska Medan.

Keberangkatan pasien itu turut disaksikan Kapolres Sibolga AKBP Triyadi beserta jajarannya, Kasatpol PP dan Damkar Singkat Sijabat, Kadis Kominfo Binner Lumban Gaol, Direktur RSU FL Tobing Sibolga dr Hotma Nauli Hutagalung dan lainnya.

Firman menambahkan, pasien tersebut sebelumnya sempat dirawat di RSU Metta Medika Sibolga dan kemudian dirujuk ke RSU Padangsidimpuan. “Namun sesampainya di Padangsidimpuan, pihak keluarga minta kembali ke Sibolga,” tukasnya.

Sementara itu, Juru Bicara TGTPP Covid-19 Sibolga Binner Lumban Gaol mengatakan, pasca pasien AG dinyatakan positif Covid-19, Gugus Tugas langsung melakukan tracing dan penelusuran kepada keluarga pasien.

“Kita berharap pasien dapat segera sembuh,” pungkasnya.

Sementara dua pasien Positif Covid-19 di Sibolga sebelumnya berinisial NS (67), warga Kelurahan Simare-mare, Kecamatan Sibolga Utara dan UE warga Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota. (as)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button