Berita

Satu Jam, 14 Rumah di Tapsel Habis Terbakar

TAPSEL, FaseBerita.ID – Musibah kebakaran melanda 14 unit rumah di Aek Toras, Lingkungan III, Kelurahan Pasar Sempurna, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kamis (23/1) siang sekitar pukul 13.00 WIB.

Informasi yang dihimpun, api diduga berasal dari rumah milik Guntur Siregar. Saat itu istrinya Sahreni Harahap memasak untuk air minum dengan menggunakan tungku dengan kayu bakar, kemudian meninggalkannya.

Tiba-tiba warga melihat asap tebal dari dapur tempat memasak air minum tersebut. Saat itu diduga, api juga telah menyambar tabung gas yang berdekatan dengan tungku masak

Sehingga kemudian menyebabkan ledakan dan percikan api yang menyambar ke dinding rumah.

Kondisi permukiman yang padat dengan rumah-rumah semi permanen, cuaca yang terik dan angin bertiup kencang menyebabkan api cepat menyebar, hingga hanya sekitar satu jam telah menghanguskan 12 unit rumah, dan bagian dapur dua unit rumah lainnya.

“Kalau asal api belum bisa dipastikan, hanya dari informasi keterangan dari masyarakat, karena masih dalam tahap lidik,” ungkap Kapolsek Batangtoru AKP Daulat Muhammad Zein Harahap.

Petugas dari Polsek Batangtoru saat itu bersamaan dengan satu unit armada pemadam kebakaran turun ke lokasi. Dan di sana, warga telah berkerumun membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Api dari belasan rumah itu padam pada pukul 14.30 WIB.

Kapolsek Batangtoru menuturkan, upaya saat ini pihaknya telah memasang garis polisi, dan mendirikan dapur umum dan Posko Bantuan bersama dengan Danramil dan Camat Marancar. Polisi juga mengamankan sebagai bukti, 1 (satu) potong kayu bekas terbakar api dan satu lembar seng bekas terbakar api.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp 1 miliar. (san)

Korban:
Rumah permanen
1. Guntur siregar.
2. Alm. Bitcar Sihombing/ Ropii
3. Ali Asman Rambe
4. Alm. Tolip Rambe/Nur Rambe

Rumah Semi permanen
5. Alm. Sariun Rambe/ Oce Rambe
6. Jurangan Siregar/ April
7. Jul Rambe
8. Supriyadi Siregar
9. Arpan Hutabarat/via kumbang
10. Ali Musa Sibuea

-Rumah Papan
11. Konsen Sitompul
12. Coki Simbolon/ Mak maulut

– Rumah terbakar sebagian rumah
13. Jamil Pohan/ Dapur papan
14. Kardi Siregar/ Dapur papan



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button