Berita

Satpol PP Siantar Dinilai Lakukan Pembiaran: Iklan Rokok Banyak Terpajang di Tiang Listrik

FaseBerita.ID – Kinerja Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Kota Pematangsiantar Robert Samosir terkesan sesuka hati.

Terbukti, selain trotoar dibiarkan dirubah fungsi menjadi tempat berjualan, ternyata vertikal banner diketahui milik PT rokok (EVo) juga dibiarkan merajalela dipasang di tiang listrik di seputaran Jalan Sangnaualuh, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur.

Lebih mirisnya, spanduk tersebut dibiarkan tepatnya di komplek Kampus HKBP Nomensen Kota Pematangsiantar.

Sesuai pantuan wartawan, vertikal banner itu berisi promosi rokok merek Evo dan Sempurna. Namun pihak PT rokok tersebut terkesan hanya mengutamakan keuntungan pribadi saja tanpa memikirkan peraturan larangan, dengan nekat memasang puluhan vertikal bannernya di tiang listri pinggir Jalan Sangnaualuh.

Dan lebih parahnya lagi, tanpa mereka sadari, kawasan tersebut adalah kawasan pendidikan. Namun anehnya, Satpol-PP Kota Pematangsiantar bungkam seakan-akan tutup mata atas hal ini.

“Sudah ada sekitar satu minggu vertikal banner berisi iklan rokok tersebut dipasang di tiang litrik seputaran Jalan Sangnaualuh ini. Begitupun, pihak Sat Pol PP Pematangsiantar diam saja karena tidak mungkin pihak Sat Pol PP tidak melihat keberadaan vertikal banner ini. Patut diduga ada permainan pihak Sat Pol PP Pematangsiantar dengan pengusaha PT rokok tersebut,” ujar Rain Hutagaol (30) salah satu warga ditemui di Jalan Sutomo, Minggu (10/11/2019).

Rain Hutagaol menambahkan, beberapa waktu lalu, pihak Satpol PP melakukan penggusuran sama pedagang di kawasan itu.

Namun, pihak PT rokok dibiarkan berkeliaran, “Karena dinilai itu banyak uangnya. Kan pedagang kaki lima ngak ada duitnya Bang. Kalau perusahaankan banyak uangnya. Makanya ngak digusur,” kata pria ini.

Terpisah Robert Samosir saat dikonfirmasi wartawan melalui Kabit Tritagun Satpol-PP Kota Pematangsiantar Raja Nababan melalui pesan WhatsApp nya, Minggu (10/11/2019) mengatakan, keberadaan vertikal banner rokok itu itu tidak boleh. “Itu tidak boleh Bang. Itu tidak diperbolehkan, akan kami tertibkan,” ujarnya singkat.

Hingga berita ini diturunkan, terlihat puluhan vertikal banner Lido Gallery masih terpasang di tiang listrik seputaran Jalan Sangnaualuh Kota Pematangsiantar. (mag-03/ahu)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button